Bagikan:

YOGYAKARTA – Kulit bayi menguning pada hari kedua atau ketiga setelah lahir seringkali membuat orang tua panik. Padahal, kondisi ini sangat umum terjadi dan cenderung tidak berbahaya. Akan tetapi, pada beberapa kasus, kondisi mungkin bisa menjadi tanda penyakit serius yang perlu penanganan cepat. Untuk meningkatkan kewaspadaan, orang tua perlu mengetahui tanda bayi kuning yang normal.

Tanda Bayi Kuning yang Normal

Menyadur AI-Care, penyakit kuning pada bayi muncul lantaran bayi menghasilkan bilirubin lebih banyak dibandingkan yang bisa diolah oleh hati. Alhasil, kadar bilirubin dalam darah bayi meningkat sehingga kulit bayi tampak kuning.

Jika ibu dapat menyusui dengan lancar, kondisi kuning ini dapat mereda dengan sendirinya selama beberapa hari.

Lebih lanjut, penyakit kuning pada bayi baru lahir dikatakan normal apabila terdapat tanda atau ciri-ciri tertentu yang dimiliki oleh bayi.

Mengutip laman Mayo Health Clinic, berikut ini adalah tanda-tanda bayi kuning normal yang perlu diketahui:

  1. Kulit menguning

Tanda bayi kuning normal yang pertama adalah seluruh bagian tubuh si kecil akan menguning, mulai dari wajah, dada, perut, kaki, dan beberapa bagian tubuh lainnya.

Tanda ini cukup sulit diidentifikasi jika bayi memiliki kulit sawo matang atau gelap. Akan tetapi, hal tersebut dapat diketahui dengan memperhatikan warna telapak tangan bayi, apakah menguning atau tidak.

  1. Mata menguning

Untuk mengetahui apakah bayi mengalami penyakit kuning atau tidak, orang tua juga bisa memerhatikan bagian putih mata bayi. Jika warnanya menguning, tandanya si kecil mengalami penyakit kuning yang normal.

  1. Urine berwarna kuning pekat

Jika si kecil mengeluarkan urine berwarna hitam pekat atau kuning pekat, hal tersebut bisa jadi pertanda bahwa kondisi bayi yang menguning adalah normal atau tidak menderita penyakit apa pun.

  1. Feses berwarna pucat

Bayi yang tidak menderita penyakit kuning umumnya akan mengeluarkan feses berwarna kekuningan menuju orange.

Sementara pada bayi dengan penyakit kuning yang normal, fesesnya cenderung berwarna pucat, seperti kuning pucat.

Sebagai informasi tambahan, orang tua juga bisa menekan dengan lembut di bagian dahi atau hidung bayi. Jika setelah itu, kulit wajah yang ditekan terlihat menguning, ini bisa jadi pertanda bahwa si kecil mengalami penyakit kuning. Selaam kuningnya tidak mencapai dada dan masih mau menyusu, maka kuning ini masih normal.

  1. Penyakit kuning hilang setelah hari ke-7

Bayi baru lahir dikatakan mengalami penyakit kuning yang normal alias physiological jaundice jika kuningnya muncul pada usia 2-3 hari dan hilang sejak hari ke-7, maksimal ke-21.

Apabila gejala kuning masih terjadi selama lebih dari 3 minggu atau bahkan satu bilan lebih, maka ada kemungkinan si buah hati mengalami gangguan lainnya, seperti infeksi, masalah hati, atau penyakit darah.

Evaluasi medis dibutuhkan untuk menentukan penyebab dan penanganan yang tepat bagi bayi yang mengalamo kuning yang berlangsung lebih dari 3 pekan.

Demikian informasi tentang tanda bayi kuning normal. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.