Bagikan:

YOGYAKARTA - Tak cuma deretan gunung-gunung berapi yang menyusun jajaran dan terbentang dari timur sampai barat, pulau Jawa juga mempunyai sejumlah dataran rendah. Apa saja nama-nama dataran rendah di Pulau Jawa? Yuk Kita Kepoin!

Pasalnya, dataran rendah dapat diistilahkan sebagai suatu hamparan tanah lapang yang luas dengan tingkat ketinggian dari permukaan laut relatif rendah, yakni tak lebih dari 200 meter. Biasanya, istilah ini digunakan pada wilayah mana pun dengan hamparan yang luas dan relatif datar yang berlawanan dengan dataran tinggi.

Temperatur udara di dataran rendah, terutama untuk kawasan Indonesia berkisar antara 23 derajat Celsius hingga dengan 28 derajat Celsius sepanjang tahun. Tidak heran, wilayah ini bahkan nyaman untuk dibuat daerah tinggal. Kemudian, berbagai kegiatan juga dapat dikerjakan disini termasuk bertani, mengingat bukan saja keperluan airnya yang cukup, tapi tanahnya juga relatif subur.

Nah, Jawa sebagai salah satu pulau terluas di dunia juga mempunyai banyak dataran rendah. Meskipun tidak dipungkiri, jumlah penduduk yang padat sudah sedikit demi sedikit mengikis habitat natural di pulau ini. Lalu apa saja nama-nama dataran rendah yang ada di Pulau Jawa?

Beberapa Dataran Rendah di Pulau Jawa

Ilustrasi Dataran Rendah (Unsplash)
Ilustrasi Dataran Rendah (Unsplash)

Madiun

Kota Madiun {berlokasi} pada 111° BT – 112° BT dan 7° LS – 8° LS. Kota Madiun dilalui Bengawan Madiun atau Kali Madiun yang adalah cabang sungai terbesar Bengawan Solo. 

Madiun menjadi jalanan strategis yang berada pada jalanan utama Surabaya-Yogyakarta. Kota ini juga adalah trek persimpangan jalanan menuju Ponorogo dan Pacitan ke arah selatan. 

Luas Kota Madiun sekitar 33,23 km persegi dan terbagi dalam tiga kecamatan, yakni Kecamatan Manguharjo, Kecamatan Taman, dan Kecamatan Kartoharjo.

Surakarta

Kota Surakarta berlokasi diantara 110 45' 15" - 110 45' 35" Bujur Timur dan 70' 36" - 70' 56" Lintang Selatan.

Kota Surakarta atau yang juga diketahui dengan Kota Solo berlokasi di dataran rendah dengan ketinggian 105 mdpl dan di wilayah pusat kota berada di ketinggian 95 mdpl.

Kota Surakarta ini bahkan masuk ke dalam deretan kota terpadat di Jawa Tengah dan kota terpadat ke delapan di Indonesia dengan luas kawasan termasuk ketiga belas yang terkecil.

Kota Surakarta mempunyai luas kawasan sekitar 44,1 km2. 

Tanah di sekitar kawasan Surakarta dilihat subur soalnya dikelilingi oleh Sungai Bengawan Solo sebagai sungai terpanjang di Jawa dan sebagian sungai lainnya seperti Kali Anyar, Kali Pep, dan Kali Jenes.

Kemudian, tanah di Solo bersifat pasiran dengan komposisi mineral muda yang tinggi sebab kegiatan vulkanik Gunung Merapi dan Lawu. 

Oleh karena itu, kawasan Solo sesuai untuk budidaya tanaman pangan, sayuran, dan industri tembakau serta tebu.

Semarang

Kota Semarang berlokasi di antara garis 6 derajat 50' - 7 derajat 10' LS dan garis 109 derajat 35' - 110 derajat 50' BT. 

Kota Semarang berada pada kaki bukit Gunung Ungaran yang mengairi sebagian sungai besar, yakni Kali Besole, Kali Beringin, Kali Silandak, Kali Siangker, Kali Kreo, Kali Keripik, Kali Garang, Kali Candi, Kali Bajak, Kali Kedungmundu, dan Kali Penggaron.

Ketinggian Kota Semarang berlokasi antara 0,75 hingga dengan 348,00 meter di atas garis pantai. 

Sementara itu, panjang garis pantai kurang lebih 13,6 km.  

Beberapa Kota Semarang adalah dataran rendah sebab dengan ketinggian di bawah 200 mdpl, yakni wilayah pantai dengan ketinggian 0-5 mdpl dan kota bawah dengan ketinggian 5-100 mdpl.  

Cirebon

Menurut beberapa sumber, kota Cirebon adalah kawasan yang berlokasi di wilayah timur Provinsi Jawa Barat. 

Cirebon berada pada jalanan utama lintas pantura. Secara astronomis Kota Cirebon berlokasi pada 6,41º Lintang Selatan dan 108,33º Bujur Timur di Pantai Utara Pulau Jawa wilayah barat. 

Kota ini bahkan memanjang dari barat ke timur sekitar 8 kilometer dan dari utara ke selatan kurang lebih 11 kilometer dengan ketinggian dari permukaan laut sekitar 5 meter.

Kawasan Kota Cirebon adalah dataran rendah dengan ketinggian antara 0-200 meter di atas permukaan laut. 

Suhu di Kota Cirebon cukup tinggi dengan temperatur udara sekitar 24,13 derajat Celcius - 31,18 derajat Celcius.

Jadi setelah mengetahui dataran rendah di pulau Jawa, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!