Agar Bibir Sehat dan Lembab Alami, Ikuti Cara Perawatan Bibir Berikut
Ilustrasi (Ron Lach/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kesehatan bibir seringkali disepelekan padahal bibir juga harus dijaga. Bahayanya apabila Anda tidak merawat bibir adalah bibir bisa menjadi kering dan pecah, berdarah, menggelapnya warna pada bibir, dan kulit bibir yang mengelupas.

Anda bisa melakukan rangkaian perawatan bibir seperti dibawah ini, melansir sumber Skin Cancer, Jumat, 25 November.

Eksfoliasi

Eksfoliasi berfungsi mengangkat sisa kulit mati yang ada di bibir. Caranya, bisa menggunakan sikat gigi atau waslap basah dan lembut. Selain itu, Anda juga bisa eksfo menggunakan campuran beberapa bahan misalnya dua sendok teh gula dengan bahan pelembab alami seperti coconut oil, jojoba oil, avocado oil, beeswax, almond oil, maupun shea butter. Anda bisa melakukan teknik ini seminggu sekali pada pagi atau malam hari. 

Hidrasi

Berbeda dengan bagian kulit lainnya, bibir cenderung mengering dan mudah pecah-pecah karena tidak mengandung kelenjar minyak. Minumlah air putih 2 liter per hari agar bibir tidak kering, dan hindari menjilati bibir. Kebiasaan menjilat bibir bisa membuat bibir Anda kering.

Lindungi bibir dengan sun protective lip

Bibir menerima banyak paparan sinar matahari, terutama bagian bawah. Untuk itu, pilihlah produk bibir yang mengandung SPF 15 atau lebih untuk melindungi bibir Anda di siang hari. Bibir tetap perlu dilindungi meski telah menggunakan masker. Oles kembali produk sun protective lip tiap dua jam sekali, terutama setelah makan atau minum. Saat malam, tetap gunakan lip balm meski tanpa SPF pun tidak apa-apa.