Cantik dengan <i>Natural Look Makeup</i>, Ini 7 Hal Esensial yang Perlu Dipraktikkan
Ilustrasi tips riasan natural sehari-hari (Unsplash/Some Tale)

Bagikan:

JAKARTA – Natural look makeup atau riasan dengan tampilan alami digemari karena lebih praktis dibandingkan riasan glamor. Selain itu, banyak perempuan memilih riasan natural karena beranggapan semakin sedikit riasan mendapatkan banyak hal positif. Seperti enggak perlu melakukan banyak langkah, polesan, menghemat waktu, dan hasilnya tetap sama-sama cantik.

Riasan alami bukan menyamarkan kekurangan, tetapi sederhananya, berfokus pada area utama, yaitu kulit, mata, dan bibir. Hasilnya halus tanpa menggunakan lebih banyak produk. Dengan riasan ini pun, Anda tak perlu mengetahui teknik rumit untuk mendapatkan tampilan menawan. Berikut, hal esensial yang perlu Anda perhatikan dan praktikkan untuk natural look makeup.

1. Rawat kulit wajah

Riasan halus akan didapatkan ketika memiliki kulit yang terawatt. Jadi, penting bagi Anda rutin merawat kulit dengan baik.

Riasan alami menggunakan alas bedak atau concealer lebih ringan. Selain dua base yang berfungsi maksimal saat Anda rutin membersihkan, menjaga kulit tetap lembap dan bercahaya secara alami. Rutinitas perawatan tersebut bisa dilakukan dengan cara sederhana kok. Seperti memberikan pelembap yang cocok, mengangkat komedo, dan mengurangi garis halus misalnya dengan retinol atau serum vitamin C.

2. Pakai pelembap, tabir surya, dan primer

Jenis pelembap bisa disesuaikan dengan karakter kulit Anda. Kulit berminyak tentu akan berbeda jenis dan produk yang dipakai untuk kulit kering, kombinasi, dan sensitif. Maka kenali dan sesuaikan dengan kebutuhan harian Anda.

Sebelum menyapukan riasan, kenakan tabir surya untuk melindungi kulit wajah dari sinar UVA dan UVB. Selanjutnya, pakai primer berupa alas bedak. Jika terdesak atau tak punya banyak waktu, BB Cream, menggabungkan fungsi pelembap, tabir surya, dan primer dalam satu kali sapuan saja.

tips riasan natural sehari-hari
Ilustrasi tips riasan natural sehari-hari (Unsplash/Ayo Ogunseinde)

3. Terapkan foundation

Alas bedak atau foundation untuk makeup natural, hasil coverage-nya lebih light hingga medium. Umumnya, alas bedak dengan hasil coverage natural bertekstur cair. Aplikasikan foundation dengan kuas, spons, atau jari.

4. Gunakan bedak

Riasan yang sempurna diraih dari pemakaian concealer. Namun, pastikan Anda memakainya tipis-tipis saja untuk mendapatkan kesan natural. Bahkan, Anda tak perlu memanipulasi pori-pori ataupun dark spot. Penting untuk dilakukan, pilih formula yang bertekstur sama dengan warna kulit Anda. Dengan begitu, pulasan akan menyatu dengan mulus.

Concealer dan foundation juga harus satu formula. Misalnya, jika Anda menggunakan foundation dewy, hindari memakai concealer matte atau sebaliknya.

5. Pilih warna pipi yang sesuai

Sentuhan blush on adalah aksen sempurna untuk tampilan riasan alami. Dilansir The Trend Spotter, Rabu, 23 Maret, blush on memberikan cahaya yang mengesankan muda, sehat, dan menambah dimensi pada wajah Anda. Untuk riasan natural, warna pipi terbaik adalah warna rona alami. Misalnya merah muda pucat, aprikot, mawar tua, atau ungu muda. Supaya menyatu, aplikasikan dengan kuas besar yang halus. Mulai dari pipi bagian atas hingga hasil akhir paling alami.

6. Oleskan eyeliner

Hal esensial angka enam ini sebenarnya bersifat opsional. Anda bisa saja tidak mengaplikasikan eyeliner. Hanya saja supaya mata juga tetap ‘terlihat’ menawan, Anda bisa memakai dengan olesan satu lapis saja. Kemudian, sempurnakan dengan maskara sehingga bulu mata terlihat lebih tebal.

7. Lembapkan dan pakai lipstik warna natural

Bibir pecah-pecah tentu tidak diinginkan. Oleh karena itu, selalu berikan pelembap untuk bibir Anda. Faktor yang memengaruhi bibir kering antara lain cuaca dan faktor internal tubuh. Selain dapat mengoleskan lip balm, Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat bernutrisi untuk menjaga kulit bibir tetap lembap.

Untuk penampilan natural, oleskan balm dan diamkan selama beberapa menit agar meresap. Terakhir, Anda bisa memakai lip tint atau pewarna bibir jenis lainnya untuk membuat penampilan natural Anda paripurna.