Bagikan:

YOGYAKARTA - Bibir kering dan pecah-pecah kerap dikeluhkan oleh banyak orang. Kondisi bibir ini tenteu saja bikin nggak percaya diri dengan penampilan wajahnya, apalagi ketika menghadiri suatu acara atau bertemu orang. Memakai lip balm menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini. 

Lip balm telah dijadikan andalan untuk menjaga kelembaban bibir. Selain kulit wajah, area bibir juga harus selalu dalam kondisi lembab karena terpapar langsung udara luar. Aktivitas di bawah matahari dan kurangnya asupan cairan akan membuat bibir seseorang rentan kering dan pecah-pecah. 

Permukaan bibir yang kering begini nggak boleh diabaikan. Selain memperburuk tampilan wajah, kondisi ini juga akan menyebabkan permukaan bibir mengelupas hingga berdarah. Supaya masalah ini nggak terjadi, Anda perlu tahu manfaat lip balm dan jenis-jenis produk perawatan bibir.. 

Pengertian Lip Balm Bibir

Lip balm adalah produk perawatan bibir (lip care) yang digunakan untuk memlembabkan permukaan bibir. Produk lip care ini dibuat dari bahan baku yang berupa lilin lebah, lilin carnauba, dan bahan-bahan yang serupa. 

Selain itu, ada juga penggunaan bahan seperti petroleum jelly, vitamin C dan E, shea butter. Kandungan lain yang terdapat dalam lip balm yakni antioksidan dan SFT 30. Dengan berbagai kandungan di atas, produk lip balm juga memiliki kegunaan dalam menetralkan radikal bebas yang merusak kolagen dan elastin kulit. 

Lip balm mengandung bahan-bahan yang berperan mempertahankan kelembapan alami dan mencegah hilangnya kadar air di bibir. Produk ini juga memiliki kandungan lilin atau wax yang membantu menempel di permukaan kulit. Umumnya kandungan ini terbuat dari beeswax dari campuran sarang lebah dan meninyak serbuk sari. 

Lilin yang digunakan sebagai lipbalm bersifat tidak berwarna dan tidak menampilkan kilau seperti lipstick. Seringkali lip balm juga mengandung komposisi mentol yang berfungsi untuk anestesi ringan. Kandungan ini bermanfaaat dalam menenangkan iritasi yang berisiko terjadi di bibir. 

Jenis-Jenis Lip Care untuk Bibir

Setiap orang pastinya ingin mempunyai bibir yang sehat alami. Apalagi bagi para wanita, menjadi impian tersendiri bisa memiliki tampilan bibir cantik alami tanpa perlu polesan lip color. Hal tersebut bisa diusahakan dengan memakai produk-produk perawatan bibir atau lip care. 

Berikut ini sejumlah produk lip care yang membantu menjaga kesehatan bibir secara alami: 

Lip Balm

Seperti yang sudah disebutkan di atas, lip balm adalah produk perawatan bibir yang berperan menjaga kelembapan dan kelembutan bibir. Produk lip care ini biasanya hadir dalam bentuk stik atau pot. Lip balm mengandung bahan pelembap seperti minyak alami, vitamin, atau bahan alami lainnya. Tersedia dalam berbagai aroma dan varian, lip balm juga dapat memberikan sedikit warna pada bibir, seperti tinted lip balm.

Lip Scrub

Bibir yang sering dipoles dengan lipstik perlu dibersihkan secara rutin. Bahkan bibir yang jarang menggunakan lipstik juga perlu diskrub untuk mengangkat sel kulit mati. Oleh karena itu, penggunaan lip scrub secara teratur sangat disarankan. Banyak produk lip scrub yang tersedia di toko kosmetik, mulai dari produk dari Korea hingga produk lokal.

Lip Mask

Produk masker bibir atau lip mask cukup populer di Korea. Contohnya adalah brand Laneige yang terkenal dengan lip mask mereka. Produk tersebut sangat diminati karena memberikan hasil yang signifikan pada tampilan bibir. 

Lip mask ini dipakai dengan membiarkannya semalaman saat tidur dan baru. Dengan pemakaian lip mask secara rutin, keesokan paginya bibir akan terasa lebih lembap, terlihat pink merona, serta tidak lagi pecah-pecah.

Lip Therapy

Bagi Anda yang sering mengalami masalah bibir kering dan pecah-pecah hingga terasa perih, lip therapy adalah pilihan perawatan bibir yang paling tepat. Lip therapy memiliki berbagai fungsi seperti yang ada pada lip balm dan lip mask. Perawatan bibir ini bertujuan untuk menghasilkan bibir yang lembap, terlihat sehat, dan berwarna pink alami.

Lip Serum

Mirip dengan serum wajah, lip serum memiliki formula khusus yang menyerap ke lapisan dalam kulit bibir untuk menciptakan tampilan bibir yang diinginkan. Biasanya, lip serum memiliki tekstur yang agak cair dan mudah meresap. Tentu saja efeknya tidak akan terlihat hanya dalam satu kali penggunaan.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu lipbalm dan fungsinya sebagai pelembap bibir. Pemakaian lipbalm perlu dilakukan secara rutin, terlebih bagi Anda yang kerap mengalami bibir kering dan pecah-pecah. Baca juga tips melindungi kulit dari gelombang panas

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.