Sutradara <i>Dune</i> Tidak Terima dengan Rencana Warner Bros dan HBO Max
Potongan film Dune (Instagram @tchalamet)

Bagikan:

JAKARTA - Sutradara Dune, Denis Villeneuve menyatakan penolakan terhadap keputusan Warner Bros untuk memindahkan perilisan film tahun 2021 ke layanan streaming HBO Max.

Melalui esai terbaru untuk Variety, Villeneuve mengatakan strategi ini menghancurkan salah satu rumah produksi terbesar di industri film. Ia menyebut perusahaan AT&T gagal dengan perilisan HBO Max.

“Dengan kegagalan perilisan HBO Max sejauh ini, AT&T mengorbankan seluruh slot Warner Bros 2021 untuk mendapat perhatian audiens.”

Menurutnya, streaming bisa memproduksi konten yang bagus tetapi mereka tidak dapat membuat sesuatu yang bagus sebesar film Dune. Villeneuve menggangap Warner Bros membunuh franchise Dune mengingat keduanya punya rencana untuk membuat sekuelnya.

Warner Bros mengumumkan perubahan rencana perilisan di tahun 202, di mana 17 film yang tayang di bioskop juga dirilis melalui HBO Max secara bersamaan.

Film Dune karya Denis Villeneuve menjadi salah satu film yang masuk ke dalam strategi perilisan. Diketahui film ini mulanya dijadwalkan tayang pada Desember tahun ini tetapi karena pandemi COVID-19, Warner Bros menunda perilisan hingga Oktober 2021.

Selain Denis Villeneuve, ada sutradara Tenet, Christopher Nolan, yang menyatakan tidak setuju. Nolan menganggap pihak Warner Bros tidak berdiskusi dengan para pembuat film dan staf mengenai perilisan di HBO Max. Warner Bros enggan berkomentar terhadap penolakan dari dua sutradara besar itu.