Bagikan:

YOGYAKARTA – Menahan buang air besar (BAB) memang bukan kebiasaan yang baik. Namun, banyak orang memilih menahan BAB saat situasi atau kondisi tidak memungkinkan untuk ke toilet. Lalu adakah cara menahan BAB secara aman di saat situasi mendesak?

Cara Menahan BAB

Menahan BAB tidak boleh dilakukan secara sering. Anda bisa melakukannya sesekali dengan cara yang aman seperti berikut ini.

  1. Atur Pernapasan dan Alihkan Pikiran

Sugesti akan berpengaruh pada keinginan buang air besar atau buang air kecil. Saat Anda terpaksa menahan BAB, langkah aman pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur pernapasan dan mengalihkan pikiran serta mensugesti diri Anda. Jangan fokuskan pikiran Anda pada keinginan BAB karena hal itu akan memperbutuk keadaan.

  1. Cubit Pantat

Cara menahan BAB selanjutnya adalah dengan mencubit pantat sekeras mungkin. Cara ini membantu mengontrol otot di area anus sehingga rasa ingin BAB bisa berkurang. Anda bisa melakukannya beberapa kali.

  1. Ubah Posisi

Situasi mendesak seperti sedang antre panjang atau sedang berada di jalan tol memang tidak memungkinkan BAB secara sembarangan. Saat Anda merasakannya, cobalah untuk merubah posisi Anda. Misal Anda sedang duduk, cobalah berganti posisi menjadi setengah berbaring, atau bisa juga langsung berdiri.

  1. Hindari Jongkok

Posisi jongkok akan memudahkan feses keluar dari anus dengan sendirinya. Anda tidak disarankan untuk jongkok saat menahan BAB. Sebagai gantinya, cobalah untuk berdiri atau berjalan-jalan ringan untuk mengalihakn perhatian sambil mengeraskan otot pantat.

  1. Hindari Mengencangkan Otot Perut

Seperti diketahui, mengencangkan otot perut adalah mekanisme mengedan yang membantu mengeluarkan feses dari rektum dan anus. Jika Anda melakukan ini, maka kemungkinan feses keluar akan semakin tak tertahankan.

  1. Menunda Minum

Beberapa orang akan panik saat ia sedang menahan BAB di situasi darurat. Kepanikan biasanya dengan tidak sadar membuat orang tersebut untuk minum. Hal itu memang jadi mekanisme tubuh, namun saat Anda menahan BAB alangkah baiknya menahan minum lebih dulu.

  1. Buang Air Kecil

Saat situasi benar-benar tidak tertahankan untuk BAB, cobalah ke kamar mandi untuk buang air kecil. Rasa lega setelah buang air kecil akan membantu meredakan keinginan untuk BAB. Namun hati-hati karena saat buang air kecil perasaan ingin BAB bisa makin bertambah, sehingga harus mengontrol diri.

  1. Perhatikan Makanan

BAB bisa dipicu oleh makanan. Oleh karena itu Anda disarankan untuk memperhatikan makanan apa yang masuk ke dalam perut saat situas mendesak. Beberapa makanan yang memicu BAB seperti makanan pedas, buah pepaya, susu, dan sebagainya.

Bahaya Menahan BAB

Menahan BAB memang biasa dilakukan oleh banyak orang. Namun ada risiko kesehatan yang mengintai saat menahannya terlalu sering. Oleh karenanya Anda tidak boleh menahan BAB sesering mungkin. Berikut ini beberapa gangguan kesehatan yang akan mengintai akibat dari terlalu sering menahan BAB.

  • Kram perut
  • Wasir
  • Sembelit
  • Inpaksi feses atau pengerasan tinja hingga membuatnya nyangkut
  • Terjadi robekan di usus
  • Distensi atau peregangan di rectum
  • Inkonsistensi tinja atau ketidakmampuan mengontrol bab
  • Radang usus buntu
  • Kanker usus besar

Itulah informasi terkait cara menahan BAB. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.