Menentang Homofobia, Supermodel Aweng Ade-Chuol Mencium Pasangan Sesama Jenisnya
Aweng Ade-Chuol dan pasangannya Alexus (Instagram @awengchuol)

Bagikan:

JAKARTA - Supermodel Aweng Ade-Chuol mencium istrinya Alexus di sampul majalah Elle untuk menegur para homofobia. Pelecehan homofobia diakui Ade-Chuol menghancurkan kesehatan mentalnya.

“Saya adalah tipe orang yang telah bertemu banyak orang cantik, dan itu seperti, oke, keren, selamat tinggal,” katanya kepada Elle UK.

"Tapi setelah saya melihat dia (Alexus, yang dia panggil Lexy), saya masih biasa saja sampai dia memberi saya nomor pribadinya."

Pasangan itu menikah di New York, tempat mereka tinggal sampai pindah ke London baru-baru ini, pada Desember 2019.

Keluarga Ade-Chuol, yang melarikan diri dari perang sipil Sudan dan diberikan suaka ke Sydney pada tahun 2006 (supermodel ini lahir di kamp pengungsi Kenya) sangat ingin bertemu menantu baru mereka.

Namun tanggapan dari negara asalnya, Sudan Selatan, tidak sebaik itu. Ade-Chuol telah menghadapi pelecehan homofobia parah yang berdampak besar pada kesehatan mentalnya, yang menyebabkan upaya bunuh diri pada bulan April tahun ini.

“Kami menikah dan seluruh dunia, secara harfiah seluruh komunitas saya, berharap saya bisa melewati ini semua,” kata perempuan berusia 21 tahun itu.

“Beberapa bulan kemudian, saya mencoba (bunuh diri). Itu benar-benar tidak masuk akal, karena tanpa sadar saya merasa saya mungkin terkuras oleh fakta bahwa kami akan menikah."

Aweng Ade-Chuol dan Alexus di sampul majalah Elle (Instagram @awengchuol)

Ade-Chuol mengatakan bahwa hampir setahun berlalu, surat kabar dan komunitas masih membahas pernikahannya, bertanya: "Beraninya dia menikahi seorang wanita?"

“Bagi saya, dengan iklim politik yang sedang terjadi, Anda benar-benar berpikir bahwa pernikahan saya adalah hal terpenting dalam hidup Anda saat ini?” dia menambahkan.

“Sangat menyedihkan, karena itu adalah hari terindah dalam hidup saya, dan mereka tidak dapat membiarkan saya menikmatinya.”

Dia berbagi perjuangannya dengan Instagram dua bulan kemudian, memberi tahu penggemar bahwa dia telah menemukan jalan menuju "tempat yang jauh lebih baik".

Pada bulan September, Ade-Chuol mengucapkan kata-kata "Saya seorang lesbian" untuk pertama kalinya di media sosial, dan terpesona oleh tanggapan dari gadis-gadis muda Sudan.

"Sangat indah melihat bagaimana orang bereaksi dengan memiliki seseorang yang membuktikan siapa mereka,” katanya kepada Elle.