2 Sineas Nigeria Diancam Hukuman Penjara Jika Film Lesbian Garapannya Dirilis
Poster film Ife (Instagram @uyaiedu)

Bagikan:

JAKARTA  - Dua sineas Nigeria menghadapi hukuman penjara jika mereka merilis film tentang pasangan lesbian. Pamela Adie dan Uyaiedu Ikpe-Etim bisa dihukum hingga 14 tahun penjara jika menerbitkan Ife.

Ife, yang diterjemahkan sebagai "cinta" dalam bahasa Yoruba, mengikuti kisah Ife dan Adaora saat mereka menjalani hubungan.

Film ini diproduksi bekerja sama dengan Equality Hub, sebuah organisasi non-pemerintah yang berfokus memerangi ketidakadilan sosial melawan komunitas LGBTQ Nigeria.

Melansir Voice Online, Rabu, 23 September, homoseksualitas dan promosi homoseksualitas dilarang di Nigeria, dan bisa dihukum hingga 14 tahun penjara.

Dewan Sensor Film dan Video Nigeria (NFVCB) telah memperingatkan Adie dan Ikpe-Etim agar tidak merilis Ife.

Terlepas dari upaya keduanya untuk memastikan film tersebut menjangkau penonton Nigeria, agensi film pemerintah mengumumkan mereka tidak akan menyetujui rilis Ife karena melanggar undang-undang negara yang ketat.

Dalam upaya untuk menentang regulator, kedua sineas merencanakan pemutaran pribadi di ibu kota, Lagos, pada akhir bulan. Namun, NFVCB melakukan semua yang mereka bisa untuk mencegah perilisan film ini.

Adie dan Ikpe-Etim juga telah mengumumkan niat mereka untuk melakukan rilis secara streaming daring dan akan ada pemutaran perdana internasional di Kanada pada bulan Oktober.

Direktur eksekutif pemerintah Adedayo Thomas mengatakan kepada CNN bahwa film tersebut tidak sesuai dengan "konstitusi, moral, dan tradisi" negara.

Dia menambahkan: "Kami memantau kemajuan film, dan jika itu melanggar hukum dengan mempromosikan homoseksualitas, kami akan dipaksa pada suatu saat untuk mengejar produser dan produser eksekutifnya."

Adie dan Ikpe-Etim adalah pendukung komunitas lesbian, gay, biseksual, trans, dan queer (LGBTQ) di negara itu.

Homofobia

Adie mengatakan tujuan film tersebut adalah untuk menggambarkan perspektif jujur ​​wanita lesbian dan biseksual di industri film Nigeria. Adie mengatakan kepada BBC, seorang wanita lesbian di Nollywood (industri film Nigeria) biasanya digambarkan sebagai orang yang "dirasuki, dipaksa menjadi homoseksual" dan perlu "diselamatkan".

Dia menambahkan: “Anda jarang melihat cerita tentang orang LGBT, terutama tentang wanita queer yang berbicara tentang realitas hidup kita.

Ife dibuat untuk menjembatani kesenjangan dan membuat percakapan terus berlanjut di Nigeria.”

Komunitas LGBTQ Nigeria sangat terpengaruh oleh homofobia selama bertahun-tahun. Sebuah studi tahun 2019 oleh The Initiative for Equal Rights menemukan bahwa meskipun penerimaan individu LGBTQ secara bertahap meningkat di Nigeria, 60 persen orang Nigeria masih akan memungkiri anggota keluarga yang LGBTQ.

Ikpe-Etim ingin terus menghadirkan visibilitas ke komunitas LGBTQ di seluruh Nigeria.

“Sebagai anggota kelompok yang kurang terwakili, Anda selalu berada di bawah belas kasihan orang-orang yang tidak mengerti apa artinya menjadi aneh. Saya tahu jika saya ingin masyarakat melihat LGBTQ secara berbeda, saya harus menceritakan kisah lengkapnya,” kata Ikpe-Etim.

Meski perjalanannya penuh gejolak, Adie mengaku mendapat curahan dukungan untuk Ife dari penonton.

“Ini adalah sesuatu yang inovatif. Kami telah menerima dukungan, dari saat kami merilis poster hingga trailer. Rasanya orang-orang tidak tahu bahwa mereka menginginkan konten semacam ini sampai sekarang.”