Cara Mengeluarkan Air dari Telinga, Tersumbat Lama-lama Bisa Sebabkan Infeksi
Ilustrasi mengeluarkan air dari telinga (Unsplash/@HayesPotter)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Telinga kemasukan air terasa tidak nyaman dan menganggu aktivitas sehari-hari. Air bisa masuk ke telinga anda saat mandi, berenang, atau aktivitas lainnya yang ada airnya. Air yang bersarang membuat telinga sedikit berdengung dan pendengaran jadi sedikit berkurang. 

Namun tenang, jangan panik dulu jika telinga anda kemasukkan air. Ada beberapa cara mengeluarkan air dari telinga. Biasaya, air yang masuk akan keluar dengan sendirinya. Namun ada banyak kasus air masuk terperangkap lama dalam telinga dan dapat membahayakan kesehatan indera pendengaran. 

Oleh karena itu, anda perlu mencoba cara mengeluarkan air dari telinga. sulit sekali dan bisa dilakukan dari rumah.

Cara Mengeluarkan Air dari Telinga

Masalah telinga kemasukkan air yang dialami oleh banyak orang di dunia. Kemasukkan air tidak termasuk masalah yang serius. Meski dinilai tidak terlalu berbahaya, anda tetap perlu mencoba tips berikut ini. 

Memakai Pengering Rambut/Pengering Rambut

Pengering rambut dapat mengeluarkan panas yang dapat membantu menguapkan udara di telinga. Caranya cukup mudah. Pertama nyalakan Pengeringan rambut ke pengaturan terendah.

Lalu tempatkan pengering rambut sekitar 30cm dari telinga Anda dan gerakkan dengan gerakan maju mundur. biarkan udara hangat dari pengering rambut masuk ke telinga, sambil anda menarik-narik daun telinga. 

Mengarahkan Telinga ke Bawah 

Hukum gravitasi akan mengarahkan benda yang ada di atas jatuh ke bawah. Teknik gravitasi juga bisa digunakan untuk membantu mengeluarkan udara dari telinga.

Berbaring miring selama beberapa menit, dengan kepala di atas handuk untuk Coba lakukan cara ini, yaitu masalah miring beberapa menit. Kepala di atas handuk untuk menyerap udara. Udara bisa keluar dari telinga secara perlahan.

Menggoyangkan Daun Telinga 

Cara mengeluarkan air dari telinga yang satu ini adalah yang paling populer. Anda bisa dengan mudah, tinggal menarik atau menggoyangkan daun telinga.

Goyangkan daun telinga secara lembut sambil memiringkan kepala dengan gerakan ke bawah ke arah bahu. Anda juga bisa mencoba kepala dari sisi ke sisi saat posisi ini.

Membuat Ruang Hampa

Cara yang juga cukup sering dilakukan untuk mengeluarkan udara dari telinga adalah dengan membuat ruang hampa. Ruang hampa yang diciptakan untuk menarik udara keluar.

Caranya, tangkupkan telapak tangan anda untuk membuat ruang hampa. Lalu miringkan kepala ke samping dan sandarkan telinga ke telapak tangan. Tutup telinga menggunakan tangkupan tangan secara rapat.

Kemudian dorong perlahan tangan Anda ke depan dan ke belakang dengan gerakan cepat. Saat mendorong, ratakan telapak tangan. Sementara saat menarik, tangkupkan telapak tangan. Lalu miringkan kepala ke bawah agar air mengalir.

Memakai Obat Tetes Telinga dari Cuka dan Alkohol

Alkohol dapat membantu menguapkan udara di telinga. Cairan Ini juga berfungsi untuk menghilangkan pertumbuhan bakteri, membantu mencegah infeksi. Cuka akan mengatasi udara yang terperangkap karena menumpuknya kotoran telinga. 

Cara mengeluarkan udara menggunakan campuran alkohol dan cuka cukup mudah. Pertama, alkohol dan cuka dicampurkan dengan perbandingan yang sama. Berikan tiga atau empat tetes campuran ini ke telinga. Tunggu 30 detik, dan miringkan kepala ke samping untuk membiarkan solusi keluar.

Mengompres Air Hangat

Kompres air hangat juga membantu mengeluarkan air dari telinga. Cara dengan merendam handuk atau waslap dalam air hangat. Pastikan handuk tidak terlalu basah dan tidak terlalu panas agar telinga tidak terbakar atau iritasi. 

Kompres hangat membantu mengendurkan jaringan di telinga dan melonggarkan kemampatan saluran telinga. Selanjutnya, lipat handuk dan miringkan kepala. memasangkan telinga di atas kompres dan istirahatlah selama beberapa menit. 

Itulah beberapa cara mengeluarkan air dari telinga yang bisa anda coba dengan mudah. Udara yang tersumbat di telinga jangan dianggap sepele, karena bisa mengakibatkan. Jika udara tidak kunjung teratasi dan pendengaran akan terganggu, maka Anda bisa pergi ke dokter. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.