Mudah <i>kok</i>, Begini 5 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Stres
Ilustrasi tips menurunkan berat badan tanpa stres (Unsplash/Total Shape)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menurunkan berat badan bukan satu hal yang mudah. Terutama apabila dibayangi oleh mana menu paling efektif, berapa berat badan yang sudah turun, berapa berat badan ideal, dan lainnya. Tetapi dengan menjalani program secara sehat, menurunkan berat badan bisa tanpa tekanan atau stres.

Banyak orang menganggap menurunkan berat badan dengan menahan lapar adalah hal yang efektif. Tetapi, kelaparan tidak menjamin berat badan turun. Oleh karena itu, ikuti tips berikut ini agar program menurunkan berat badan enggak menyiksa diri dan stres.

1. Latihan angkat beban

Olahraga yang paling baik untuk menurunkan berat badan adalah angkat beban. Bisa juga dipadukan dengan kardio yang memeras keringat. Latihan angkat beban tidak hanya membuat tubuh dan otot Anda kuat, tetapi juga memanaskan tubuh sehingga membakar lemak ekstra yang membandel dari tubuh.

Selain itu, melansir Lifehack, Senin, 26 September, angkat beban dapat meningkatkan tingkat metabolisme istirahat. Sehingga dapat membantu pembakaran lemak meski dalam waktu istirahat.

tips menurunkan berat badan tanpa stres
Ilustrasi  tips menurunkan berat badan tanpa stres (Unsplash/ Towfiqu barbhuiya)

2. Tidur dan istirahat lebih banyak

Kurang tidur dapat menyebabkan makan berlebihan dan kelebihan berat badan. Tidur kurang, dapat menyebabkan lonjakan kortisol yang mengirimkan sinyal tubuh untuk menghemat energi. Hemat energi berarti pembakaran lemak semakin sedikit untuk mengisi waktu bangun Anda.

3. Minum teh hijau untuk relaksasi

Minum teh hijau setiap hari sangat bermanfaat untuk kesehatan saja. Teh hijau tidak hanya membantu melawan kanker, tetapi juga minuman untuk meningkatkan laju metabolisme. Bahkan jika Anda punya sedikit waktu untuk berolahraga, minum tiga cangkir teh hijau sehari dapat meningkatkan 4 persen tingkat metabolisme dan membantu mengurangi berat badan. Tetapi frekuensi minum teh hijau perlu disesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda ya.

4. Lebih banyak konsumsi makanan tinggi zat besi

Makanan mengandung zat besi bermanfaat membantu oksigen mencapai sel-sel tubuh Anda. ini data menjaga tubuh teta segar dan bugar. Selain itu, apabila tubuh cukup mendapat asupan zat besi maka tingkat metabolisme akan baik. Beberapa makanan tinggi zat besi, antara lain bayam, daging merah, makanan laut, daging unggas, kacang-kacangan, dan  kacang polong.

5. Minum air lebih banyak

Minum air tidak hanya membuat Anda sehat, tetapi juga membantu meningkatkan metabolisme. Air direkomedasikan oleh semua dokter untuk cukup diminum agar terhindari dari masalah kesehatan dan membantu penurunan berat badan.

Selain lima tips di atas, Anda perlu melakukan aktivitas agar dapat mengelola stres. Misalnya dengan rutin yoga, meditasi, atau latihan pernapasan. Yoga menurut ahli juga dapat mengurangi ketegangan metabolisme.

Itulah cara mudah menurunkan berat badan tanpa tertekan, tanpa kelaparan, dan tanpa stres. Bagaimana cara Anda menurunkan berat badan, adakah cara di atas masuk dalam program harian Anda?