Merasa Diri Jadi Wanita Tangguh? Kenali Pengertian dan Ciri-ciri Alpha Female
Ilustrasi (Ekaterina Swiss/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Alpha female adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan wanita bersosok kuat, tangguh, dominan, tegas, dan memiliki keterampilan dalam memimpin. Istilah ini berasal dari bahasa Inggris, female yang berarti wanita dan alpha yaitu pemimpin. Wanita alpha dipercaya bisa memberi pengaruh besar dalam pengambilan keputusan.

Lalu, apa saja ciri-ciri alpha female? Menyadur Inspiring Tips, Selasa, 20 September, berikut informasi selengkapnya.

Selalu tahu apa yang diinginkan

Seorang alpha female tahu apa yang dia inginkan dan rela melakukan apapun untuk mendapatkan keinginannya. Wanita alpha female tak bisa diminta mundur atau menyerah untuk meraih keinginan tersebut. Sebab kegigihan sudah menjadi sifat dasar alpha femlae. Jika tekad sudah dibulatkan, maka tak ada yang bisa menghalangi alpha female dalam bertindak.

Keras kepala

Karena terlalu gigih berusaha mendapatkan apa yang diinginkan sampai enggan menerima masukan, tak jarang alpha female dijuluki keras kepala. Tidak ada yang bisa mengubah fokusnya karena yang dia inginkan hanyalah mencapai tujuan. Inilah sebabnya mengapa terkadang alpha female sering membuat kesal orang-orang di sekitarnya, terutama keluarga dan teman-teman.

Sangat bersemangat

Ciri selanjutnya yaitu seorang wanita alfa memiliki jiwa pemberani. Dia berani dan bersedia menghadapi tantangan tanpa rasa takut. Wanita ini tidak akan mundur apalagi menyerah dengan mudah. Semangat menggebu-gebu seorang alpha female bisa ditiru siapa saja.

Gemar berpetualang

Kepribadiannya yang menyukai tantangan membuat seorang wanita alfa haus akan petualangan. Dia bukan seseorang yang senang tinggal di zona nyaman. Justru, kecintaannya pada adrenalin membawanya ke petualangan yang lebih berani. Dia adalah tipe wanita yang tidak akan mundur dari petualangan ekstrem.

(Valerie Mak/Pexels)

Senang berpendapat

Alpha female tak segan mengutarakan apa yang ada di pikirannya secara langsung. Saat dia merasa suatu hal berjalan tak sesuai dengan semestinya, dia tak ragu bertanya dan berpendapat. Dia senang berargumen dan siap mempertahankan pikiran tersebut. Karena sifat ini, alpha female kerap dijauhi karena dianggap tahu segalanya oleh orang sekitar. 

Jujur

Ciri lain dari alpha female yaitu dia senang berbicara terbuka atau blak-blakan. Saat ingin menyampaikan sesuatu, ia akan langsung berbicara. Tanpa memikirkan apakah perkataan tersebut bisa menyinggung lawan bicara atau tidak. Didengarkan adalah hal yang terpenting baginya.

Percaya diri

Percaya diri sudah tentu jadi ciri khas alpha female. Setelah Anda bertemu dengan seorang wanita alfa, Anda dapat mengetahui betapa kuat karakter yang dia miliki. Cara mereka berdiri dan jalan sangat menggambarkan kepercayaan dirinya. Dia akan menatap lurus ke mata Anda saat berbicara. Dia tak pernah merasa tidak aman atau terintimidasi saat berkomunikasi dengan orang lain.

Kerap jadi pemimpin

Di tempat kerja, alpha female sering kali menjadi pemimpin. Karena sifatnya yang kompetitif dan unggul. Seorang wanita alfa tidak akan puas jika hanya menjadi bawahan. Sebaliknya, dia akan selalu mengincar promosi sampai dia mencapai posisi puncak yang diinginkan.

Kompetitif

Sifat kompetitif mengalir dalam darah alpha female. Dia tidak suka menjadi yang kedua. Dia bekerja keras membuktikan kepada semua orang bahwa dia adalah yang terbaik. Sementara itu, dia lebih termotivasi setiap kali berkompetisi. Jika melihat ada “pemain lain” yang mengesankan di tempat kerja, alpha female akan memandang mereka sebagai saingannya.

Itu dia informasi seputar alpha female. Apakah Anda memiliki ciri-ciri alpha female seperti yang telah disebutkan di atas?