Mau Hubungan Semakin Hangat? Lakukan 5 Tindakan yang Membuat Pasangan Merasa Dicintai
Ilustrasi membuat pasangan merasa dicintai (Freepik/halayalex)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kesalahpahaman tentang cinta kerap memicu masalah dalam hubungan. Apakah Anda telah mencintai pasangan sesuai dengan yang ia inginkan?

Menurut penelitian, melakukan tindakan dengan penuh kasih membuat pasangan merasa lebih dicintai. Meskipun tindakan berkaitan dengan hal-hal sederhana, tetapi dengan cara ini Anda mengungkap kebenaran tentang rasa cinta. Dalam penelitian yang dikutip Lisa Firestone, Ph.D., psikolog klinis, diungkapkan pula bahwa semakin Anda mengungkapkan cinta dengan tindakan, semakin menyalakan rasa tersebut dalam diri pasangan Anda. Dilansir Psychology Today, Senin, 29 Agustus, ini hal-hal yang diinginkan oleh pasangan dan membuatnya merasa dicintai.

1. Mendengarkan apa yang pasangan katakan

Ketika menghabiskan banyak waktu dengan seseorang, Anda mungkin merasa mengenal dan berhenti memperhatikan hal-hal tertentu tentangnya. Kadang juga hidup menjadi sibuk dan terlalu nyaman sehingga berhenti untuk aktif mengetahui orang lain. Dua situasi tersebut, mendorong Anda untuk memperhatikan apa yang dikatakan pasangan Anda. Tanyakan padanya dan beri kesempatan untuk bersuara atau meminta apa yang ia inginkan.

membuat pasangan merasa dicintai
Ilustrasi membuat pasangan merasa dicintai (Freepik/halayalex)

2. Memperhatikan ekspresi perasaan pasangan

Selain mendengarkan apa yang pasangan Anda suarakan, perlu juga berusaha memperhatikan apa yang membuat pasangan Anda tersenyum dan bersemangat. Selain juga mengenali kapan ia merasa bosan atau jenuh.

Anda bukan penanggung jawab sepenuhnya bagi kebahagiaan pasangan. Ini hanya cara untuk menyesuaikan diri dan peka terhadap apa yang membuat pasangan Anda menjadi ‘hidup’ dan menjadi diri sendiri. Kesadaran ini membantu untuk benar-benar mengenal dan memahami pasangan Anda.

3. Berbagi berdua

Apa yang perlu dibagi dengan pasangan, ialah hal yang Anda dan pasangan inginkan. Ini berkaitan dengan mengomunikasikan kebutuhan, mimpi, dan menjalankan peran masing-masing dalam hubungan berdua.

Selain menyatukan frekuensi bersama, Anda juga perlu memeriksa diri sendiri dan membuat diri Anda merasa dicintai. Sebisa mungkin, bicarakan secara terbuka tentang apa yang diharapkan dan bagaimana membuatnya terealisasi.

4. Perhatikan bagaimana pasangan Anda mengekspresikan cinta

Apabila pasangan Anda memperlakukan Anda secara hangat, artinya mencerminkan cara Anda memperlakukan pasangan Anda. Jika ia mencari banyak kontak fisik dan menikmati tindakan kecil, ia mungkin menikmati apa yang Anda lakukan.

5. Terima kebutuhan pasangan

Harusnya hubungan bukan tentang pengorbanan yang membuat sengsara. Tetapi setiap orang yang berpasangan harus saling merangkul. Anda tidak harus membanjiri pasangan dengan hadiah, tetapi apabila itu dibutuhkan, tak ada salahnya memberikan. Tetapi perlu dipahami, setiap orang memiliki love language masing-masing. Artinya, kenali dan pahami pasangan Anda untuk mengekspresikan cinta sesuai dengan apa yang diinginkan.

Tutup Firestone, pasangan yang terus-menerus memeriksa dan mendefinisikan apa arti cinta bagi masing-masing, berpeluang menjaga perasaan cinta tetap ‘hidup’.