5 Perilaku Sehari-hari yang Bisa Datangkan Rasa Hormat dari Orang Sekitar Jika Konsisten Dilakukan
Ilustrasi (Nataliya Vaitkevich/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Semua orang tentu ingin dihormati. Dan untuk mendapat rasa hormat dari orang sekitar, perilaku Anda pun harus dijaga sebaik mungkin. Memang terdengar mudah untuk dilakukan. Namun kenyataannya masih ada saja kebiasaan-kebiasaan yang baik sengaja maupun tidak yang justru bisa membuat orang terdekat jadi hilang hormat pada Anda.

Untuk itu, jika Anda ingin dihormati orang lain sebaiknya konsistenlah dalam melakukan hal-hal berikut ini.

Selalu menepati janji

Salah satu cara untuk mendapat rasa hormat dari orang lain adalah dengan selalu menepati janji. Saat Anda mengikrarkan janji, sebisa mungkin usahakan untuk menepatinya. Ketika Anda menepati janji yang dibuat, ini menunjukkan Anda sebagai individu yang bertanggung jawab atas segala tindakan maupun omongan.

Jangan sering minta maaf

Jika Anda sering mengucapkan kata maaf dalam situasi apa pun, orang bisa mulai kehilangan rasa hormat kepada Anda. Anda perlu belajar untuk membela diri sendiri dan berdiri tegak. Jangan biarkan orang lain bertindak seenaknya pada Anda. Ucapkan kata maaf hanya dalam situasi di mana Anda benar-benar membuat kesalahan.

Hindari gosip

Ketika hal yang selalu Anda lakukan adalah bergosip, maka Anda memberi kesan kepada orang lain bahwa Anda adalah orang yang negatif. Membicarakan keburukan orang lain hanya akan merugikan waktu dan energi. Jadi, jika ingin dihormati alangkah baiknya hindari bergosip dan lakukan sesuatu yang lebih bermanfaat.

Jaga sikap

Ketika Anda selalu baik, ramah, dan pengertian, pada orang lain maka tak menutup kemungkinan Anda akan dimanfaatkan oleh orang yang salah. Orang-orang ini tak segan menjerumuskan Anda dan pelan-pelan membuat kesehatan mental dan emosional Anda mulai terganggu.

Selalu rendah hati

Jika Anda bersikap rendah hati, maka ini adalah kualitas yang membedakan Anda dari orang lain. Orang-orang akan selalu mengingat Anda sebagai orang yang rendah hati sehingga Anda akan mudah dihormati. Untuk bersikap rendah hati, jadilah diri sendiri dan berbuatlah tulus pada orang di sekeliling Anda. Segala perbuatan yang dilakukan dari hati maka akan sampai juga ke hati.