Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak orang menjauh atau berjarak dengan pasangan atau teman karena merasa tidak cocok, ada konflik yang tak selesai, atau mengalami krisis setelah terjadi badai. Seperti perselingkungan, menipisnya kemandirian, dan lainnya. Namun menurut seorang terapis hubungan dan psikolog klinis Randi Gunther, Ph.D., ada karakteristik kepribadian dan perilaku mendasar yang cenderung membuat orang lain menjauh. Apa saja perilaku yang membuat orang lain menjauh? Ini pemaparan Gunther.

1. Kemarahan

Kemarahan terus-menerus ditoleransi oleh orang lain. Orang lain kadang setuju tetapi kadang juga memperluas masalah alih-alih menyelesaikan. Kemarahan kadang jadi kedok ketidakberdayaan dan menimbulkan racun dalam hubungan. Kemarahan, seringkali tak bisa diperbaiki. Seseorang yang tak bisa mengelola emosi kemarahannya, menularkan ketidakberdayaan kepada pasangannya dan membuat pasangannya bergerak menjauh.

2. Kurang santai dan selalu merasa terdesak

Orang yang selalu merasa terdesak, tak pernah berperilaku santai. Mereka menganggap nanti akan terjadi hal buruk, makanya selalu mengantisipasi. Mereka yang tidak menyadari apa yang terjadi saat ini, tidak bisa fokus pada hidupnya dan diselimuti rasa takut, terdesak, dan kurang rileks.

3. Tidak bisa mentoleransi frustasi

Seseorang yang mudah kesal dan reaktif ketika sesuatu tidak berjalan sesuai harapan, sulit membuat orang lain nyaman bersama Anda. Karena orang lain menganggap sikap tersebut mengurangi kegembiraan.

perilaku yang bikin orang lain menjauh
Ilustrasi perilaku yang bikin orang lain menjauh (Freepik)

4. Selalu menghidupkan momen menyedihkan

Mengulangi atau mengenang momen menyedihkan berulang-ulang, tidak akan sehat untuk mental. Ini juga mempengaruhi hubungan dengan orang lain. Orang yang obsesif menyelesaikan segala sesuatunya, biasanya sibuk mencari tanpa mendapatkan informasi baru yang menghentikan siklus negatif.

5. Sering terlambat

Tidak ada cara yang berhasil menghadapi seseorang yang selalu membuat orang lain menunggu kecuali menjauh. Mereka biasanya membuat Anda merasa tidak enak kalau mau menghukum mereka. Ini jadi alasan kenapa seseorang lebih memilih menjauh karena membuat mereka sering menunggu.

6. Tidak bisa dipercaya

Orang yang konsisten dengan apa yang diucapkan, tentu akan disenangi banyak orang. Berbeda dengan orang yang tidak menghormati orang lain atau tidak bisa dipercaya. Mungkin Anda sekali atau dua tidak bisa menepati janji karena ada urusan yang lebih penting. Tetapi kalau terlalu sering tidak konsisten, membuat orang lain menjauh.

7. Paranoid

Seseorang yang paranoid karena dimanfaatkan, seringnya mendapatkan hasil buruk. Pasalnya, mereka tidak merasa bahwa orang lain pantas menerima kebaikan mereka. Ini pula yang membuat orang lain enggan berteman atau berhubungan lebih lama dengan orang tersebut.

8. Sarkasme

Ejekan kecil mungkin mendekatkan hubungan. Tetapi selalu mengejek, juga nggak akan membuat orang lain yang berteman dengan Anda merasa nyaman. Tingkat cemoohan, penting untuk diukur dan dikeluarkan saat yang tepat. Lelucon juga dianggap tak hormat saat orang lain yang menerimanya dalam kondisi butuh dukungan.

Itulah delapan perilaku yang membuat orang lain menjauh. Melansir Psychology Today, menurut Gunther, setiap orang memiliki beban emosional dan fisik yang berbeda-beda. Maka membaca situasi harus dilakukan supaya mudah berinteraksi dan hubungan dengan orang lain tetap menyenangkan.