Taylor Swift Komentar Batalnya Hak Aborsi Roe v Wade
Taylor Swift (Instagram @taylorswift)

Bagikan:

JAKARTA - Mahkamah Agung Amerika Serikat menyatakan pembatalan hak aborsi atau dikenal sebagai Roe v Wade pada Jumat, 24 Juni. Keputusan itu membuat tidak ada hak konstitusional mengenai aborsi.

Hal ini mendapat respons negatif dari sejumlah kalangan termasuk figur publik. Taylor Swift adalah salah satu penyanyi yang menyuarakan kekecewaannya setelah keputusan ini dikeluarkan.

“Saya ketakutan di sini lah kita berada - setelah sekian dekade orang memperjuangan hak wanita atas tubuh mereka, keputusan hari ini melucuti kita,” tulis Taylor Swift pada hari yang sama.

Swift juga mencuit ulang postingan Michelle Obama mengenai hak aborsi. Michelle mengaku kecewa dengan keputusan Mahkamah Agung.

Sederet artis lainnya seperti Taylor Swift juga menyatakan rasa kecewa mereka dengan hal tersebut seperti Harry Styles, Billie Eilish, Elizabeth Banks dan lainnya.

“Hari ini adalah hari yang kelam bagi perempuan di Amerika Serikat. Saya tidak tahan memikirkannya,” kata Billie Eilish saat tampil di Glastonbury pada hari yang sama.

Pembatalan hak aborsi ditulis oleh Samuel Alito yang menyebut Roe adalah sesuatu yang salah sejak awal.

“Alasannya sangat lemah, dan keputusan itu memiliki konsekuensi yang merusak. Dan jauh dari membawa penyelesaian nasional masalah aborsi, Roe dan Casey telah menimbulkan perdebatan dan memperdalam perpecahan,” kata Alito mengutip The Independent.