Agar Terus Tumbuh, Begini 5 Cara Pemangkasan Akar Tanaman Hias dalam Pot
Ilustrasi tujuan dan cara pemangkasan akar tanaman hias (Freepik/Rawpixel)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Akar memengaruhi pertumbuhan daun dan pembungaan tanaman hias dalam pot. Jika akar sudah memadati pot, terdapat dua cara agar tanaman tak berhenti tumbuh. Pertama dengan mengganti ke pot yang lebih besar. Cara lain ialah dengan mengurangi akar.

Supaya mendapatkan ruang yang longgar untuk berkembang, cara kedua kerap dipilih. Alasannya, mungkin karena Anda menyukai pot dengan tampilannya. Nah, pemangkasan akar perlu diperhatikan langkah-langkahnya. Berikut, langkah yang bisa dilakukan untuk memangkas tanaman hias jenis bonsai atau tabulampot.

1. Kenali waktu yang tepat untuk pemangkasan

Ketika tanaman hias Anda akarnya sudah terikat satu sama lain, maka massanya akan memenuhi seluruh ruang dalam pot. Karena simpul akar kusut, tanaman bisa mengalami stres dan kehilangan udara, nutrisi, serta air.

Pada kondisi lain, akar juga perlu dipangkas. Seperti ketika akar terlihat keluar melalui lubang drainase. Seberapa sering diperlukan pemangkasan, tergantung jenis tanaman dan seberapa cepat pertumbuhannya. Tetapi biasanya dilakukan pengecekan rutin beberapa bulan sekali dengan membalik pot. Saat batang tanaman sulit keluar dari pot, maka perlu segera melakukan pemangkasan.

tujuan dan cara pemangkasan akar tanaman hias
Ilustrasi tujuan dan cara pemangkasan akar tanaman hias (Freepik/Rawpixel)

2. Siapkan peralatan

Mengutip The Spruce, Selasa, 17 Mei, peralatan yang diperlukan dalam pemangkasan akar antara lain gunting pangkas atau pisau tajam, pisau panjang, tongkat atau garpu, tanah sekantong kecil, dan air.

Pertama, keluarkan tanaman Anda dari potnya dan periksa akarnya. Saat melakukan ini, jangan hanya menarik tanaman keluar dari potnya. Apabila tanaman tidak terlalu besar, balikkan potnya kemudian ketuk tepian pot. Anda mungkin membutuhkan pisau panjang jika tanaman sulit dikeluarkan.

3. Potong akarnya

Ketika memangkas, mulailah dengan gunting pankas atau pisau tajam. Potong sekitar akar atau di bawah akar inti. Bisa juga dengan memotong akar-akar yang kecil. Sedangkan jika akar tanaman sangat padat, Anda dapat memotong bagian bawah akar tua untuk membantu regenerasi pertumbuhan yang sehat.

4. Kendurkan akar yang mengikat kuat

Dengan menggunakan jari-jemari, dalam kepadatan normal, bisa dilakukan dengan lembut. Tetapi jika terjerat parah, ambil garpu atau tongkat untuk mengendurkan tanah yang menempel akar sekaligus akarnya.

5. Siapkan cukup tanah atau media tanam

Anda perlu menambahkan campuran pot ke bagian bawah wadah. Pastikan media tanam memenuhi pot sehingga akar bisa duduk di tanah sekitar satu inci dari bawah pot. Selain itu, pastikan juga tempat pangkal batang berada di permukaan tanah.

Tips terakhir ketika memangkas akar yang terikat padat, setelah memangkas dan memasukkan kembali ke dalam pot, siram dengan banyak air. Usai pemangkasan, tanaman perlu terhidrasi baik. Langkah terakhir ini perlu dilakukan agar tanaman segera pulih dan berkembang kembali.