Manfaatkan Bahan Alami, Begini 5 Cara Membasmi Rumput Liar agar Tidak Tumbuh Lagi
Ilustrasi cara membasmi rumput liar agar tidak tumbuh lagi (Freepik/Master1305)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Rumput hias yang sengaja ditanam dan subur menghijau, tentu tak perlu dibasmi. Tetapi ketika tumbuh tidak pada tempatnya, atau mengganggu tanaman lain, misalnya di pot bunga, tentu perlu tindakan tepat untuk menghilangkannya. Belum lagi jika rumput liar yang mengganggu, bisa dibasmi dengan cara berikut ini agar tidak tumbuh lagi.

Anda bisa memanfaatkan sejumlah bahan alami untuk membasmi rumput liar. Bisa juga dengan rutin mencabutnya karena rumput liar tumbuh dengan sendirinya. Bahkan rumput liar yang menua bisa sangat mengganggu tanaman hias lainnya. Cara membasmi rumput liar agar tak tubuh lagi, berikut langkah dan bahan alami yang bisa dimanfaatkan.

1. Menggunakan herbisida

Perlu Anda ketahui, herbisida bisa berbahaya untuk tanaman di sekitar selain rumput liar. Tetapi Anda bisa memilih jenis herbisida khusus rumput yang hanya menargetkan rumput tanpa merusak tanaman kebun. Herbisida bisa diaplikasikan dengan disemprot. Untuk melindungi tanaman kebun, Anda bisa menutupnya dengan ember terbalik.

cara membasmi rumput liar agar tidak tumbuh lagi
Ilustrasi cara membasmi rumput liar agar tidak tumbuh lagi (Unsplash/Ilnur Kalimullin)

2. Memakai campuran cuka

Cuka atau vinegar bisa dimanfaatkan untuk membasmi rumput liar yang mengganggu. Caranya, cairkan cuka dengan air. Kemudian semprotkan ke rumput liar. Campuran cuka encer ini bisa membasmi rumput liar dan agar tak kembali lagi, cara ini perlu dilakukan beberapa kali.

3. Solarisasi

Cara membasmi rumput liar selanjutnya, dengan metode solarisasi. Langkah ini memakai plastik bening yang ditutupkan ke area tanah yang ditumbuhi rumput liar. Kemudian biarkan sinar matahari memanaskan tanah di bawahnya. Ini akan membunuh benih dan akar semua tanaman pengganggu di bawah plastik.

4. Menggunakan gluten jagung

Cara membasmi rumput liar selanjutnya, agar tak tumbuh lagi, bisa dengan memakai gluten jagung. Secara teori dilansir The Spruce, Selasa, 23 Agustus, bahan ini dapat berfungsi mengendalikan rumput kepiting dan gulma lainnya. Tetapi tidak berdampak signifikan pada rumput liar yang merayap ke pot tanaman.

5. Mencabut rumput

Mungkin cara ini terlihat paling tidak efektif, tetapi sebenarnya dengan langkah ini bisa mencabut rumput liar hingga akarnya. Perlu dipahami bahwa sebagian besar rumput liar merupakan tanaman tahunan. Rumput yang mengganggu akan tumbuh kembali meski hanya tersisa akarnya ketika dicabut. Artinya, ketika rutin mencabut rumput, gemburkan dulu tanahnya agar tidak ada akar yang tersisa dan nantinya tumbuh kembali.

Untuk taman yang luas, cara membasmi rumput liar yang terakhir di atas tidak praktis. Tetapi untuk taman kecil yang memiliki masalah rumput liar, bisa sebagai solusi yang ramah lingkungan.