Hati-Hati, 5 Tanaman Hias ini Getahnya Beracun dan Mengiritasi Kulit
Ilustrasi getah tanaman hias yang beracun dan mengiritasi kulit (Pexels/Nikolay Osmachko)

Bagikan:

JAKARTA – Beberapa tanaman, khususnya tanaman hias di rumah, perlu dipangkas secara rutin supaya tidak memenuhi area taman. Namun, Anda perlu berhati-hati jika merawat tanaman tertentu. Pasalnya tanaman tersebut getahnya bisa membuat kulit gatal, merah, dan ruam atau iritasi.

Mengutip Gardeners World, Rabu, 16 Maret, tanaman bergetah iritan ini menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif terhadap sinar matahari. Seperti tanaman Heracleum mentegazzianum atau hoogwed disebut sebagai tanaman monster yang jika mengenai kulit bisa bikin sensasi terbakar. Beberapa tanaman lain yang mengiritasi, termasuk tanaman hias seperti di bawah ini.

1. Krisan

Getah krisan mengandung senyawa fitokimua Alantolactone. Senyawa tersebut dapat mengiritasi kulit saat bersentuhan dan meningkatkan kepekaan terhadap sinar matahari. Itu berarti, ketika rutin memangkasnya Anda perlu mengenakan sarung tangan supaya aman dan tidak teriritasi oleh getahnya.

2. Tanaman ara

Dikenal dengan nama ilmiah Ficus benjamina, tanaman ara adalah tanaman hias yang populer. Tetapi kontak dengan getahnya dapat menyebabkan reaksi alergi termasuk dermatitis. Ini kerap dialami oleh seseorang yang sensitif atau alergi terhadap lateks. Dalam kasus yang jarang, kontak dengan getah ficus bisa mengakibatkan syok anafilaksis.

tanaman hias yang getahnya beracun
Ilustrasi getah tanaman hias yang beracun dan mengiritasi kulit (Pexels/Karolina Grabowska)

3. Tanaman ubi

Tanaman ini bersifat perennial, pasalnya bisa tumbuh abadi selama umbinya masih aktif. Disebut dengan parsnip, seperti anggota keluarga wortel, tanaman ini memiliki getah iritan yang jika terserap kulit bisa menyebabkan gatal, melepuh, dan kulit berwarna lebih gelap atau terbakar.

4. Philodendron

Tanaman hias yang cantik dan harganya bisa melangit ini, punya getah yang sifatnya juga mengiritasi jika mengenai kulit. Selain itu, getahnya juga beracun apabila tertelan dalam dosis besar. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan keamanan dalam berkebun. Meskipun tanaman ini cantik, antisipasi agar tidak teriritasi atau termakan perlu dilakukan misalnya dengan memakai perlengkapan berkebun yang aman.

5. Alstroemeria

Alstroemeria dikenal populer dengan sebutan Lily Peru atau Lily Suku Inca. Jenis tanaman hias berbunga ini berwarna bunga merah muda atau jingga. Senyawa pada getah yang mengandung tulipalin dihasilkan saat jaringan tanaman ini rusak. Kadang saat pemangkasan secara alamiah, Alstroemeria memproduksi senyawa yang mengiritasi kulit. Menelan getahnya apalagi, pasalnya bisa bikin muntah ringan atau diare. Jika kontak dengan kulit, getahnya membuat ruam, lecet, bahkan mata iritasi.

Apakah kelima tanaman di atas Anda rawat di rumah? Tak apa, asalkan Anda memahami cara berkebun secara aman untuk antisipasi dan mengenali getah tanaman yang bisa mengiritasi.