Bella Hadid Kecam Israel Usai Jurnalis Shireen Abu Akleh Meninggal
Bella Hadid (Instagram @bellahadid)

Bagikan:

JAKARTA - Model Bella Hadid menyuarakan belasungkawa atas meninggalnya jurnalis Shireen Abu Akleh, wartawan Al Jazeera yang ditembak pasukan keamanan Israel. Ia juga mengecam tindakan tersebut lewat media sosialnya.

“Beristirahat dengan tenang Shireen Abu Akleh, martir Palestina yang luar biasa dan pemberani. Sebut namanya,” tulis Bella Hadid pada Kamis, 12 Mei.

Shireen Abu Akleh adalah wartawan Al Jazeera yang meninggal saat sedng meliput bentrok antara pasukan Israel dengan warga Palestina di kota Jenin. Shireen meninggal dunia dengan ditembak oleh pasukan keamanan Israel.

Kejadian itu membuat Israel mendapat kecaman keras dari publik dan juga sejumlah artis termasuk Bella Hadid.

Pemerintah Israel merespons kecaman dan mengatakan meninggalnya Shireen bukan disebabkan pihak keamanan. Mereka menjelaskan Shireen ditembak oleh warga Palestina yang membawa senjata api saat bentrok tersebut.

“Mereka mencoba membenarkan hal itu. Mereka mencoba untuk memvalidasi pembunuhan. Jurnalisme bukan kejahatan,” tulis Bella Hadid.

“Jurnalisme bukan kejahatan. Kamera bukan kekerasan. Kebenaran tidak setara dengan kematian,” katanya lagi.

Sebelumnya, Bella Hadid mengungkap Instagram dengan senjaga mematikan fitur Stories dari akunnya agar tidak menulis soal Palestina. Pasalnya, setiap kali dia mengunggah tentang negara tersebut, postingannya mendapat peringatan.