Totalitas Bio One Perankan Karakter Gepeng, Badan Kurus Ekstrem
Bio One (VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Aktor Bio One mendapat kesempatan untuk memerankan karakter Gepeng dalam film Srimulat: Hil yang Mustahal. Demi perannya, ia rela mengubah bentuk fisik dan mendalami psikologis sang karakter.

“Saya berusaha sekuatnya untuk tetap konsisten mendalami peran ini pada saat syuting dan ternyata sama sekali enggak gampang,” kata Bio One di konferensi pers di Jakarta pada Jumat, 22 April.

Bio One menjelaskan bahwa ia melakukan banyak pendekatan agar menyerupai Gepeng. Tentunya tidak mudah namun peran ini menjadi tantangan sebagai aktor.

“Jadi Gepeng itu banyak pendekatannya. Salah satu yang paling ekstrim yang disorot media itu fisik, kenapa tiba-tiba fisikku berubah. Ada juga psikologisnya dia pada era itu. Seperti apa kondisi sosial politik, pekerjaan seniman yang pada saat itu tidak berjaya,” jelas Bio One.

“Sebenarnya Srimulat itu kan breakthrough-nya seniman pada masa itu otomatis aku riset. Mulai dari lingkup sosial paling kecil, keluarga, temannya, terakhir masyarakat - bagaimana masyarakat melihat dia,” katanya.

Menurutnya, film Srimulat ini bukan cuma soal komedi tapi realita bagaimana saat itu seniman mendapat stigma negatif.

Srimulat tidak fokus kepada karakternya sendiri walaupun judulnya Srimulat: Hil yang Mustahal tapi kita tidak bicara Srimulat. Kita bicara jadi seniman pada zaman itu. Apa yang dibutuhkan seniman untuk mencapai titik yang diidamkan,” jelas aktor 24 tahun tersebut.

Srimulat: Hil yang Mustahal ini menghidupkan cerita Srimulat tapi ada sisi seseorang seniman di mana banyak yang dikorbankan, diusahakan agar menjadi seniman sejati,” imbuhnya.

Menyoal referensi komedi, Bio One meyakini cerita Srimulat bisa dinikmati oleh generasi sekarang. Komedi yang dihadirkan memiliki sejumlah esensi cerita yang bisa ditonton oleh siapapun.

“Srimulat berhasil mengambil esensi yang relevan dengan penontonnya mau umur berapapun. Srimulat sendiri kan trademarknya lucu. Menurut aku ya lucu, kalau misalnya enggak lucu ya aku malu mainnya,” kata Bio One.

Adapun aksi Bio One sebagai Gepeng bisa disaksikan lewat film Srimulat: Hil yang Mustahal yang tayang mulai 19 Mei 2022 di bioskop.