Dedikasikan Lagu <i>Sunflower</i> untuk Sang Istri, Gitaris Wancum: Kesetiaan dan Keikhlasannya Saya Analogikan Seperti Matahari
Wancum (Foto: Azhan Miraza / @glory_to_the_brave)

Bagikan:

JAKARTA - Gitaris rock Wancum melepas single instrumental baru berjudul Sunflower. Lagu ini ia didedikasikan untuk istrinya.

Sunflower bercerita tentang kesetiaan sang istri yang menemani Wancum dalam suka dan duka sejak awal menikah sampai sekarang.

"Kesetiaan dan keikhlasannya saya analogikan seperti matahari yang selalu bersinar menerangi sekelilingnya tanpa diminta," kata Wancum kepada VOI.

Dibungkus dalam balutan musik progressive metal, Sunflower menyuguhkan distorsi gitar sangar, riff-riff gagah, serta varian lick elegan. 

Proses penggarapannya memakan waktu sekitar dua tahun. Kesibukan Wancum sebagai pekerja kantoran, jadi alasan mengapa perilisannya jadi molor.

"Perlu waktu selama itu karena nulis, rekaman, mixing dan mastering sepenuhunya dikerjakan sendiri. Kecuali lini bass yang dibantu sama Daeng Oktav eks Edane," beber Wancum.

Wancum (Dok. Wancum)

Dalam penulisan Sunflower, Wancum membuat bagan lagu yang cukup variatif untuk merefleksikan dinamika perjalanan hidupnya.

Pada bagian yang bernuansa sukacita, ia memainkan chord-chord mayor. Sedangkan pada tema tentang perjuangan untuk mempertahankan kebersamaan, ia menghidangkan chord-chord minor.

"Sedikit banyak ada keterlibatan emosi, tapi enggak jadi batasan karena saya cenderung menganut paham bermusik yang sebebas-bebasnya sambil menutupi diri dari keterbatasan teknik bermain gitar," terang Wancum tentang proses kreatifnya.

Sunflower sudah tersedia di berbagai platform musik digital sejak 15 April kemarin.