7 Alasan Kenapa Perlu Bangga Jadi Introvert
Ilustrasi kepribadian introvert (Unsplash/Ernest Brillo)

Bagikan:

JAKARTA – Pribadi yang introvert kerap dipahami secara keliru. Bahkan dianggap pendiam. Padahal orang dengan kepribadian ini bukan tertutup tetapi selektif dan berkomunikasi secara efektif.

Banyak orang introvert merasa bahwa rangsangan sosial kerap melelahkan. Makanya mereka membutuhkan lebih banyak istirahat dengan me time sendirian. Mereka lebih fokus pada dunia batin, ide, dan konsep. Interaksi dan energi lebih banyak digunakan untuk hal yang bermakna. Oleh karena itu, jika Anda termasuk berkepribadian introvert, tak perlu minder. Berikut, alasan kenapa Anda patut bangga menjadi seorang yang introvert.

1. Kehidupan yang tenang membuat kreativitas introvert terangsang

Dilansir Psychology Today, Rabu, 9 Maret, introvert lebih suka dunia imajinasi batin sebagai tempat lahirnya inovasi dan kreativitas. Ia lebih suka kehidupan yang tenang, sunyi, namun tetap efektif merangsang kreativitasnya.

2. Punya kemampuan berpikir

Banyak introvert tidak ingin mengikuti aturan masyarakat. Mereka lebih memilih menjalankan aturan mereka sendiri. Pikiran ini merupakan lahan subur untuk mengembangkan ide-ide inovatif.

kepribadian introvert
Ilustrasi kepribadian introvert (iStockphoto)

 

3. Bisa selaras dengan orang lain

Selaras dengan pemikiran orang lain membutuhkan keterampilan batin lho. Ini juga salah satu yang dimiliki orang introvert. Mereka bisa selaras dengan perasaan, pemikiran, dan cara kerja efektif dengan orang lain. Bahkan mereka juga sangat empatik dan berbelas kasih. Bisa dibilang orang-orang introvert punya kepekaan tinggi ketika berinteraksi.

4. Pengamat yang jeli

Ketika dalam perkumpulan, orang introvert terlihat lebih diam tetapi punya pengamatan yang tajam. Selain jeli dalam mengamati, introvert juga berkomunikasi dengan baik. Mereka juga pendengar yang baik.

5. Berani menerima tantangan

Tidak sedikit introvert yang membutuhkan strategi dalam mengembangkan diri. Namun, bukan berarti mereka menolak tantangan. Sebaliknya, mereka bisa terhubung dengan orang lain secara mendalam dan membangun koneksi berkualitas.

6. Kemampuan untuk bersikap jujur

Orang introvert peka dan selaras dengan orang lain. Mereka bisa membangun hubungan bermakna dan langgeng. Introvert juga jarang merasa kesepian, karena ia punya teman-teman yang berkualitas dan bersikap jujur.

7. Mampu mengubah hal besar dengan kelembutan

Cenderung melakukan gerakan yang lembut, bahkan kadang disebut sebagai orang yang pendiam, introvert sesungguhnya bisa mengubah hal besar. Menurut Allison Abraham, LSCW-R. psikoterapis berlisensi berbasis di New York City, diam-diam banyak tokoh introvert yang bisa mengubah ‘dunia’ seperti Rosa Parks dan Eleanor Roosevelt.

Dari pemaparan di atas, apakah Anda termasuk memiliki pribadi introvert? Setiap orang tentu memiliki pribadi unik, maka menggali dan mengembangkannya diperlukan setidaknya untuk kesejahteraan hidup.