Tips Buat Introvert, Begini 5 Cara Mengatasi Kelelahan Sosial
Ilustrasi tips mengatasi kelelahan sosial yang dialami introvert (Pexels/Keira Burton)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kelelahan ketika berada di tempat yang ramai sering dialami oleh seorang introvert. Kondisi ini disebut kelelahan sosial. Waktu sosial, bagi introvert, mungkin cukup menantang. Alih-alih bersosial di keramaian, introvert lebih memilih duduk di sofa atau jalan-jalan sendirian.

Ketika introvert perlu berjejaring, biar enggak mengalami kelelahan sosial, bisa melakukan tips dari psikolog berikut ini.

1. Jujur tentang perasaan Anda

Kadang, ketika tiba-tiba menghilang dari keramaian, seorang introvert dinilai sedang ghosting. Padahal, mereka sebenarnya mengalami kelelahan sosial. Dengan memberi tahu orang-orang secara langsung bahwa waktu sosial menguras energi introvert, akan menjauhkan dari penilaian buruk terhadap diri introvert.

Saran psikolog klinis dan penulis Introvert Power, Laurie Helgoa, Ph.D., “Jujur saja kepada teman-teman Anda. Katakan seperti ‘sangat berat meninggalkan hewan peliharaan di rumah’ atau alasan lain yang tidak mengundang asosiasi negatif.”

tips mengatasi kelelahan sosial yang dialami introvert
Ilustrasi tips mengatasi kelelahan sosial yang dialami introvert (Pexels/Fauxels)

2. Rencanakan hari-hari sosial dan non sosial

Introvert ahlinya membuat perencanaan. Maka, buatlah rencana kapan waktunya bersosial dan kapan menikmati waktu sendiri. Menurut Helgoe, ini bisa membantu mengurangi kelelahan sosial pada introvert.

Hari-hari tanpa persiapan, membuat introvert terkuras energinya. Jadi, dengan punya jadwal mereka akan mempersiapkan mental. Sedangkan pada waktu non sosial, Anda yang introvert bisa memanfaatkan waktu untuk merestorasi energi.

3. Beri jeda antara satu acara dengan acara lainnya

Setidaknya beri jeda selama 30 menit di antara kewajiban sosial. Ini berkaitan dengan perencanaan, ketika Anda merencanakan satu hari bertemu dengan dua hingga tiga kelompok sosial, maka beri jeda di antaranya.

4. Sejajarkan aktivitas sosial dengan minat Anda

Menurut Helgoe dilansir Well and Good, Senin, 22 Agustus, aktivitas sosial apapun akan menguras energi. Tetapi efeknya akan berkurang secara signifikan jika aktivitas tersebut sejalan dengan minat Anda. Artinya, cobalah identifikasi mana kelompok sosial yang jadi prioritas Anda sehingga risiko kelelahan sosial tetap rendah.

5. Batasi mana yang privasi ketika berada di sekitar orang lain

Kadang-kadang, Anda mungkin menemukan bahwa semua adalah prioritas ketika sudah direncanakan. Tetapi tetap berakhir kelelahan setelah akhir acara. Dalam situasi ini, mungkin berguna untuk menggunakan teknik pernapasan. Gunanya untuk mengisi ulang energi ketika dikelilingi orang lain, saran psikolog klinis Chloe Carmichael, Ph.D..

Ambil waktu sendiri, di luar ruangan sebentar misalnya, kemudian ambil napas panjang. Tutup mata ketika mengeluarkan napas.