Debut Sehari, NMIXX Disebut Plagiat ATEEZ dan aespa. Ini Detailnya!
NMIXX (Twitter @NMIXX_official)

Bagikan:

JAKARTA - JYP Entertainment resmi memperkenalkan grup K-pop wanita terbaru, NMIXX yang debut pada Selasa, 22 Februari. Dengan album perdana, AD MARE dan video musik O.O, grup ini menjadi perbincangan dalam sekejap.

Lagu debut mereka O.O memadukan genre rock dengan funk. Akan tetapi JYP menyebut genre NMIXX akan diberi nama MIXX POP, sebuah genre yang merupakan percampuran antara berbagai genre dalam satu lagu.

Video musik yang dirilis dalam satu hari mencapai 19 juta penonton. Video tersebut menampilkan kemampuan menari para anggota yang dipadukan dengan CGI fantastis dari padang pasir hingga awan.

Di antara apresiasi positif akan grup baru JYP, nyatanya lagu debut mereka menuai kritik tajam dari netizen. Tidak sedikit yang mengklaim NMIXX meniru konsep video ATEEZ dan aespa.

Seorang netizen membagikan tangkapan layar (screenshoot) video musik NMIXX dengan ATEEZ yang berjudul Illusion. Selain itu, video konsep NMIXX juga memiliki judul serupa dengan ATEEZ di antaranya Utopia dan Declaration.

Meskipun dikerjakan oleh dua tim produksi, namun netizen meyakini pengambilan video NMIXX terlihat mirip dengan ATEEZ.

NMIXX juga disebut mengikuti konsep aespa dari segi musik dan konsep grup. Saat JYP Entertainment mengklaim genre NMIXX adalah MIXX Pop, banyak netizen yang mengatakan kalau perpaduan genre ini sudah dilakukan oleh aespa.

Beberapa kostum yang dikenakan NMIXX dalam foto teaser juga terlihat memiliki kesamaan dengan teaser aespa untuk lagu Next Level.

Netizen juga berkomentar mengenai sejumlah dugaan plagiat ini. Mereka menyayangkan JYP Entertainment meniru konsep untuk sebuah grup rookie yang baru memulai karier.

“JYP meniru aespa dan ATEEZ tapi juga memberi lagu debut yang berantakan dan membingungkan dalam sejarah K-pop. Para perempuan itu kayak mendapatkan konsep dan musik yang lebih baik,” kata seorang netizen.

“JYP mengambil keuntungan dari ATEEZ karena mereka datang dari agensi kecil dan meniru konsep mereka. JYP bisa melakukan lebih dari ini,” kata yang lainnya.

“NMIXX mencoba seperti aespa dan lagu itu terlihat seperti Next Level tapi gagal,” kata lainnya.

Adapun hingga saat ini, JYP Entertainment belum membuat klarifikasi terkait sejumlah tuduhan ini.