Sisi Melodik dan Pedih Album Baru Joe Satriani Tergurat dalam Lagu Tunggal <i>Faceless</i>
Joe Satriani (Instagram @joesatriani)

Bagikan:

JAKARTA - Maestro gitar dunia, Joe Satriani akan melepas album studio ke-19, The Elephants Of Mars, pada 8 April melalui earMUSIC, label rock internasional dari grup hiburan Edel. Single kedua album ini, Faceless baru saja dirilis.

Faceless menunjukkan sisi melodik dan pedih dari album ini. Satriani menggambarkan Faceless sebagai komposisi yang berhubungan dengan kesepian.

"Ini tentang orang yang Anda inginkan melihat siapa Anda sesungguhnya tapi tidak mengenali Anda," kata Satriani dilansir dari Blabbermouth, Minggu, 20 Februari.

"Ini juga merupakan komentar tentang masyarakat di mana orang-orang semakin tidak mengenal satu sama lain, dipisahkan oleh perbedaan mereka ketimbang bersatu untuk harapan dan impian bersama. Bagian solonya mewakili diri sejati seseorang yang akhirnya membebaskan diri," lanjut dia.

Album ini hadir dengan energi baru yang menggairahkan. Melalui The Elephants Of Mars, Satriani menantang dirinya sendiri untuk menciptakan standar baru untuk album gitar instrumental.

"Saya ingin menunjukkan kepada orang-orang bahwa album gitar instrumental dapat berisi elemen yang jauh lebih kreatif dan menghibur daripada yang saya pikir digunakan orang saat ini," jelasnya.

Dari kegilaan fiksi ilmiah yang mencekam dalam Through A Mother's Day Darkly hingga isolasi yang dirasakan di lanskap perkotaan yang membusuk, seperti yang digambarkan dalam single pertama Sahara hingga tingkat endorfin umum yang memuncak saat gajah akhirnya mengaum di lagu utama The Elephants Of Mars, album ini akan menginjak-injak pikiran Anda sekaligus meninggalkan jejak sonik yang tidak pudar.

Pada tahun 2020, saat album ini digarap di tengah lockdown akibat pandemi COVID-19, Satriani mengatakan The Elephants Of Mars benar-benar mewakili album yang dia harap bisa dibawakan bersama bandnya.

"Kami melakukan segalanya," katanya. "Kami mencoba ide-ide paling gila. Dan kami menghibur setiap gagasan yang kami miliki tentang membalikkan sesuatu ke belakang, terbalik, melihat apa yang bisa terjadi."

Berikut daftar lagu dalam album The Elephants Of Mars:

01. Sahara

02. The Elephants Of Mars

03. Faceless

04. Blue Foot Groovy

05. Tension And Release

06. Sailing The Seas Of Ganymede

07. Doors of Perception

08. E 104th St NYC

09. Pumpin'

10. Dance Of The Spores

11. Night Scene

12. Through A Mother's Day Darkly

13. 22 Memory Lane

14. Desolation