Selamat Jalan Dorce Gamalama, Artis Serba Bisa yang Murah Senyum dan Punya Ribuan Anak Asuh
Dorce Gamalama (Foto: IG @dg_kcp)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar duka, Dorce Gamalama meninggal dunia. Artis serba bisa ini menghembuskan nafas terakhir pada hari ini, Rabu, 16 Februari di RS Pertamina, Jakarta Selatan.

Hetty Sunjaya, kerabat Dorce memberikan konfirmasi atas kabar tersebut. "Benar, beliau meninggal di RS Pertamina. Ini masih di rumah sakit jenazahnya," ujar Hetty saat dihubungi.

Nama Dorce Gamalama adalah nama panggung dari Dedi Yuliardi Ashadi yang diberikan oleh Myrna pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls. Dedi lebih sering memposisikan dirinya sebagai seorang wanita.

Karena semakin merasa terperangkap dalam tubuh seorang laki-laki, Dedi kemudian memutuskan untuk operasi ganti kelamin. Dia lantas melakukan operasi ganti kelamin pada tahun 1983.

Dorce mulai bermain film pada tahun 1990 dengan dua film sekaligus yaitu Dorce Sok Akrab dan Dorce Ketemu Jodoh. Selain akting, Dorce juga dikenal sebagai penyanyi. Bahkan, Dorce dikenal sebagai pencipta lagu yang produktif.

Sebagai penyanyi, Dorce Gamalama pernah menghibur Megawati Soekarnoputri. Sedangkan di hadapan Jokowi. Dorce juga tak ragu memberikan dukungan saat Jokowi. Pada tahun 2014, sebagai bentuk dukungannya terhadap calon Capres dan Cawapres Jokowi - JK, Dorce membuat sebuah laguberjudul Untuk Mu Jokowi.

Pada awal tahun 2000-an, Dorce menjadi presenter acara Dorce Show. Semua aktivitas di dunia entertaimen dilakukan oleh artis serba bisa ini. Bahkan setahun terakhir, Dorce mencoba aktif sebagai YouTuber.

Dalam kehidupan sosial, Dorce dikenal sebagai sosok yang dermawan. Tak punya anak kandung, Dorce mengadopsi anak. Selain itu, Dorce Gamalama juga aktif dalam kegiatan sosial, mengurus Yayasan Dorce Halimatussa’diyah yang menyantuni sekitar 1.600 anak yatim piatu dan anak-anak dari keluarga tidak mampu.