Terlahir Sebagai Pria Bernama Dedi Yuliardi, Ini Potret Masa Lalu Dorce Gamalama
Dorce Gamalama (Foto: IG @dg_kcp)

Bagikan:

JAKARTA - Kondisi kesehatan artis multitalenta Dorce Gamalama, saat ini dikabarkan semakin menurun. Ia bahkan sempat meminta bantuan kepada rekan sesama artis hingga pejabat untuk kesembuhannya.

Di tengah kondisinya tersebut, Dorce membuat pernyataan yang menjadi polemik yaitu kelak ingin dimakamkan sebagai perempuan. Mungkin publik masih banyak yang belum mengetahui tentang perjalanan hidup seorang Dorce, dari awal meniti karir hingga sukses di dunia hiburan.

Berikut adalah rangkuman dari perjalanan hidup Dorce Gamalama, yang sebelumnya pernah ia ungkap secara gamblang lewat bukunya berjudul Aku Perempuan: Jalan Berliku Seorang Dorce Gamalama pada bulan Agustus 2005.

1. Terlahir Sebagai Dedi Yuliardi

Dorce lahir pada 21 Juli 1963 di Solok, Sumatera Barat. Ia merupakan buah cinta dari pasangan Dalifah, seorang pedagang beras berdarah Minang dan Achmad, seniman sekaligus tentara berdarah Arab-Binjai. Artis yang akrab disapa Bunda Dorce ini terlahir sebagai pria bernama lengkap Dedi Yuliardi.

2. Yatim Piatu di Usia 3 Bulan

Menginjak usia 3 bulan, Dedi terpaksa harus berpisah untuk selamanya dengan sang ibu, Dalifah karena meninggal dunia di usia 40 tahun. Tidak diketahui apa penyebab ibunya wafat. Merasa sangat terpukul dengan kematian sang istri, Achmad seakan sulit untuk menerima kenyataan dan memilih pergi dari rumah meninggalkan Dedi tanpa ada kabar.

3. Merasa Terjebak di Tubuh Pria

Dedi sudah mulai merasa dirinya terjebak di tubuh laki-laki pada usia 7 tahun. Di umurnya yang masih anak-anak tersebut, ia tidak berani bercerita kepada siapa pun tentang kegelisahannnya itu dan cenderung untuk dipendam. Hal itu merubahnya menjadi sosok yang sensitif dan lembut layaknya wanita.

4. Kali Pertama Pakai Baju Perempuan

Akibat sifatnya yang lembut seperti perempuan, Dedi pun banyak bergaul dengan teman-teman wanitanya. Hingga suatu ketika, di usia 10 tahun ia dipercaya tampil untuk acara 17 Agustus untuk bermain sandiwara sebagai seorang nenek. Di saat itulah ia kali pertama memakai baju perempuan dan mulai kecanduan.

5. Operasi Menjadi Perempuan

Menginjak usia 20 tahun, Dedi mengambil keputusan besar dalam hidupnya yaitu dengan menjalani transisi gender dengan cara operasi. Adalah dokter ahli bedah plastik di Rumah Sakit Soetomo, Surabaya bernama Prof. Dr. Johan Marzuki, yang melakukan operasi tersebut terhadap Dedi. Dibutuhan waktu sekitar 4 jam untuk mengerjakan operasi tersebut hingga selesai.

6. Mengubah Nama Menjadi Dorce

Usai sukses memiliki fisik seperti perempuan, Dedi akhirnya mulai mengurus pergantian identitasnya. Tidak ada lagi nama Dedi Yuliardi di KTP melainkan Dorce Ashadi. Ia kemudian memilih nama Dorce Gamalama sebagai nama panggungnya dan sukses mencuri perhatian publik. Sebelumnya ia sempat menggunakan nama Dorce Urang Aring dan Dorce Manise, ketika tampil di atas panggung.

7. Geluti Akting Hingga Presenter

Dorce Gamalama, megawali karirnya di dunia hiburan sejak 1989. Ia pernah menjadi pemain film, menggeluti dunia tarik suara, hingga presenter. Namanya kian melejit setelah menjadi pembawa acara talk show di Trans TV pada tahun 2005, Dorce Show. Ia bahkan sempat dijuluki Oprah Winfrey Indonesia karena penampilannya yang mumpuni saat memegang acara tersebut.

8. Tertutup Dalam Urusan Percintaan

Dorce Gamalama memang dikenal sangat enerjik dalam setiap penampilannya. Tapi hal itu berbanding terbalik dalam urusan percintaan. Ia sangat menutup rapat soal asmara dan lebih memilih untuk mengadopsi 3 anak. Selain itu Dorce juga punya banyak anak asuh lewat yayasan Dorce Halimatussa'diyah.

Kini di usianya yang sudah menginjak 58 tahun, Dorce Gamalama sedang mengalami fase terpuruk dalam hidupnya karena penyakit diabet yang ia derita. Ada rumor yang mengabarkan dirinya sedang koma di sebuah rumah sakit namun hingga kini belum ada keterangan pasti dari pihak keluarga.