Megawati Soekarnoputri, Presiden Jokowi, dan Erick Thohir Memberikan Bantuan, Siapa Sebenarnya Dorce Gamalama?
Dorce Gamalama (Foto: IG @dg_kcp)

Bagikan:

JAKARTA - Megawati Soekarnoputri akhirnya memberikan bantuan kepada Dorce Gamalama. Hal ini terlihat dalam Instagram milik Dorce Gamalama. Dorce Gamalama mengucapkan terima kasih karena sudah mendapatkan perhatian dari Megawati.

"Assalamualaikum kepada Ibu Megawati yang telah memberikan sumbangan kepada saya, semoga Allah memberikan rahmat kepada ibu, semoga ibu tetap sehat, panjang umur dan selalu diberkahi," ucap Dorce Gamalama dalam Instagram miliknya.

Sebelum Megawati, banyak pihak telah memberikan bantuan kepada Dorce Gamalama. Jokowi dikabarkan memberikan tali kasih kepada Dorce, meski nominalnya tidak diketahui.

Selain itu Menteri BUMN Republik Indonesia, Erick Thohir juga berkunjung dan memberikan bantuan langsung kepada Corde Gamalama. Kunjungan Erick Thohir ditampilkan dalam akun Instagram pribadinya pada Minggu, 24 Oktober 2021.

“Memberi semangat kepada kawan saya Ibu Dorce Gamalama yang dirawat di RSPP sekaligus memastikan pelayanan berjalan baik,” tulis Erick Thohir.

Siapa sebenarnya Dorce Gamalama yang membuat banyak orang peduli dan memberikan bantuan saat sakit? Nama Dorce adalah nama panggung dari Dedi Yuliardi Ashadi yang diberikan oleh Myrna pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls. Dedi lebih sering memposisikan dirinya sebagai seorang wanita.

Karena semakin merasa terperangkap dalam tubuh seorang laki-laki, Dedi kemudian memutuskan untuk operasi ganti kelamin. Dia lantas melakukan operasi ganti kelamin pada tahun 1983.

Dorce mulai bermain film pada tahun 1990 dengan dua film seklaigus yaitu Dorce Sok Akrab dan Dorce Ketemu Jodoh. Selain akting, Dorce juga dikenal sebagai penyanyi. Bahkan, Dorce dikenal sebagai pencipta lagu yang produktif.

Dalam kehidupan sosial, Dorce dikenal sebagai sosok yang dermawan. Tak punya anak kandung, Dorce mengadopsi anak. Selain itu, Dorce juga aktif dalam kegiatan sosial, mengurus Yayasan Dorce Halimatussa’diyah yang menyantuni sekitar 1.600 anak yatim piatu dan anak-anak dari keluarga tidak mampu.

Sebagai penyanyi, Dorce Gamalama pernah menghibur Megawati Soekarnoputri. Sedangkan di hadapan Jokowi. Dorce juga tak ragu memberikan dukungan saat Jokowi. Pada tahun 2014, sebagai bentuk dukungannya terhadap calon Capres dan Cawapres Jokowi - JK, Dorce membuat sebuah laguberjudul Untuk Mu Jokowi.