Terbukti Menurut Studi, 8 Cara Ini Efektif Bantu Relaksasi
Ilustrasi cara efektif bantu relaksasi (Unsplash/Averie Woodard)

Bagikan:

JAKARTA – Dengan segera ketika rasa cemas menerpa, secara instan membutuhkan strategi untuk lebih rileks. Menurut studi, teknik relaksasi bisa dilakukan dengan langkah-langkah sederhana.

Menurut American Psychological Association (APA) dilansir YourTango, tingkat stres khususnya dialami orang AMerika meningkat secara signifikan dalam 10 tahun terakhir. Stres bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, antara lain karir, hubungan, kehidupan sosial, keluarga, dan gaya hidup. Jika Anda mencari beberapa tips untuk bersantai sejenak, strategi berikut bisa dilakukan.

1. Meditasi

Banyak orang mempraktikkan meditasi, termasuk di meja kantor. Meditasi masuk sebagai strategi teratas karena dengan bermeditasi, pikiran dan emosi bisa lebih diamati. Robbie Maller Hartman, Ph.D., seorang psikolog, mengatakan bahwa meditasi setiap hari dapat mengubah jalur saraf otak dan membuat Anda lebih tahan terhadap stres.

2. Bernapas dalam-dalam

Terapis Scott Dehorty, LCSW-C. mengatakan bahwa bernapas adalah teknik nomor satu –yang bahkan dipraktikkan juga dalam meditasi- sebab paling efektif mengurangi kemarahan dan kecemasan dengan cepat. Anda hanya butuh waktu 5 menit dan bisa melakukannya di mana saja serta kapan saja.

3. Latihan mindfull

Dengan menyadari sepenuhnya atau dikenal dengan teknik mindfull membantu Anda bernaung pada masa sekarang, tidak mengkhawatirkan masa mendatang maupun masa lalu. Psikolog Judith Tutin, Ph.D., menyarankan untuk meluangkan waktu 5 menit dan fokus hanya pada satu perilaku penuh kesadaran. Ini akan membantu Anda fokus pada indra dan segera merasa rileks.

cara efektif bantu relaksasi
Ilustrasi cara efektif bantu relaksasi (Unsplash/Helio Dilolwa)

4. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik dengan earphone ternyata cepat membuat rileks. Sebuah studi yang dilakukan tahun 2017, menyatakan bahwa mendengarkan musik minimal 20 menit dapat menurunkan tingkat stres yang luar biasa. Studi sebelumnya dilakukan tahun 2015 menemukan bahwa mendengarkan musik efektif meredakan stres.

Saran asisten profesor di The Ohio State University Waxner medical Center di Colombus, buat daftar putar lagu dengan komposisi suara alam. Dengarkan dan Anda akan fokus pada melodi tersebut. Selain itu, mendengarkan musik juga membantu seseorang lebih bersemangat, optimis, dan meningkatkan suasana hati.

5. Berjemur

Keluarlah dari rumah atau kantor sebentar, rasakan hangatnya matahari menerpa kulit Anda. Vitamin D dari sinar matahari, dibuktikan pada sejumlah studi dapat meningkatkan suasana hati secara cepat.

6. Jalan cepat

HIdurup udara segar dan memastikan tubuh aktif dalam waktu 10 menit dapat menjernihkan pikiran. Saat banyak yang dipikirkan dan silang sengkarut, ambillah jeda sejenak untuk berjalan-jalan dengan tempo lebih cepat. Ini akan efekfif membuat Anda siap menghadapi seluruh tugas selanjutnya.

7. Tertawa

Tertawalah bersama keluarga atau teman Anda. Dengan menonton serial komedi, misalnya, yang menimbulkan tawa. Tertawa sama efektifnya dengan musik, membantu memperbaiki mood yang buruk.

8. Mengunyah permen karet

Betapa sederhananya untuk membuat Anda rileks dalam waktu cepat. Mengunyah permen karet dapat membantu Anda jauh dari stres dan meningkatkan produktivitas.

Adakah dari 8 cara di atas yang sering Anda lakukan untuk relaksasi?