Bagikan:

JAKARTA - DJ Stroo dan bassis jazz Alex Kuple bekerja bareng untuk menghasilkan karya baru bertajuk Street Carnival. Ide lagu ini terilhami dari sebuah lukisan.

Cerita berawal ketika DJ Stroo meminta sahabat lamanya, Nugrahanto Widodo (Totok) - pelukis jebolan ISI Jogjakarta - untuk membuat karya lukisan yang bisa dijadikan artwork pendukung produksi musik berunya.

Dari sana, lahirlah lukisan berjudul Pasar Rakyat yang ternyata mendorong DJ Stroo untuk membuat lagu dengan tema yang sama. Menurut dia, tema tersebut cocok dengan kondisi pandemi seperti sekarang.

“Selama masa pandemi, banyak orang yang tidak bisa keluar rumah, atau tidak bisa merasakan keseruan hiburan kelas murah seperti pasar rakyat," jelas DJ Stroo dalam keterangan resminya.

"Sejatinya, sebelum masa pandemi pasar rakyat sering digelar di setiap wilayah, bahkan di seluruh penjuru dunia. Kerinduan akan suasana hiburan murah meriah semacam inilah yang menginspirasi akan terciptanya lagu ini,” lanjut dia.

Setelah ide dasar lagu tercipta, DJ Stroo menghubungi Alex Kuple untuk berkolaborasi. Semula, DJ Stroo menawarkan konsep dengan genre deep house, tapi lantas bergeser menjadi karakter musik lounge yang tetap menghadirkan aura dance music.

“Tidak hanya dance elecetronic, tapi ada juga unsur jazz fusion, latin percussion hingga Cuban jazz dari permainan bass yang saya tampilkan. Nuansanya jadi lebih beragam dan ramai,” ungkap Alex Kuple, yang juga menangani mixing hingga mastering lagu ini.

Street Carnival merupakan pembuka dari rentetan single lainnya yang telah disiapkan DJ Stroo atau Alex Kuple pada tahun 2022 ini.