Kontroversi Pemilihan <i>Idol</i> Jadi Aktor dalam Drama Korea
Jisoo BLACKPINK (Instagram @sooyaaa__)

Bagikan:

JAKARTA - Kemarin, Selasa, 18 Agustus, YG Entertainment mengumumkan Jisoo BLACKPINK akan memulai debut sebagai aktor dalam drama Korea berjudul Snowdrop. Meskipun belum mengantongi pengalaman, namun Jisoo terpilih menjadi pemeran utama dalam drama tersebut.

Sontak, hal ini menimbulkan perdebatan. Di satu sisi, mereka menganggap pemilihan Jisoo sebagai pemeran utama dikarenakan ia mendompleng nama BLACKPINK. Di sisi lain, sebagian menganggap idol menjadi aktor sudah biasa.

Entah dimulai sejak kapan idol K-pop dapat bertransformasi menjadi aktor. Menilik tahun 2000, kebanyakan mereka tampil sebagai cameo. Namun melihat popularitas K-pop yang tidak pernah surut, tim produksi drama sadar akan efek yang diberikan oleh para idola muda ini mulai dari segi rating hingga penjualan hak siar yang bagus.

Mulai dari Peran Pendukung

Kebanyakan idol memulai karier akting dari peran pendukung agar bisa mengeksplorasi lingkup drama yang berbeda dengan dunia musik. Im Siwan dari ZE:A contohnya, ia pertama kali berakting dalam drama Moon Embracing the Sun sebagai Heo Yeom muda.

Butuh waktu bertahun-tahun bagi Siwan agar bisa mendapat peran utama dalam drama Misaeng. Saat itu, perannya sebagai Jang Geu Rae sangat mencuri perhatian penonton.

Dunia Idol dan Akting Bisa Seimbang

Berbeda dengan Im Siwan, ada banyak idol yang nyatanya bisa menyeimbangkan karier idol dengan berakting. Selain adanya dukungan agensi, idol ini dinilai mampu memilah proyek akting yang diambil. Contohnya, solois IU, Junho 2PM dan D.O EXO.

Memulai debut sejak muda lantas mengantarkan mereka pada berbagai kesempatan. IU yang dikenal sebagai bintang serba bisa tidak ingin berhenti di dunia musik. Ia pun mendominasi setiap proyek akting. Di tahun ini saja, ia tengah melakukan proses produksi untuk film Dream.

Selain itu, D.O EXO, vokalis utama dalam grup itu pandai memilah waktu antara syuting dengan aktivitas bersama grup. Karena di saat nama EXO tengah naik daun, bersamaan juga dengan D.O yang berakting di sejumlah film dan drama prestisius.

Mulai Debut dengan Pemeran Utama

Jisoo BLACKPINK bukanlah orang pertama yang debut sebagai pemeran utama. Sebelumnya, ada nama Eunwoo dari ASTRO. Ia menjadi Do Kyung Seok dalam drama My ID is Gangnam Beauty. Kala ia memerankan tokoh dari webtoon, aktingnya dikecam habis-habisan.

Memiliki wajah menarik, tidak menjadi jaminan akan kemampuan akting  Eunwoo. Ia dianggap tidak bisa berakting secara natural. Tetapi nyatanya, ia terus terpilih menjadi pemeran utama.

Faktor seorang idol sukses menjadi aktor tergantung dari skrip dan penceritaan yang bagus serta bakat yang memang dimiliki orang tersebut. Lihat saja Reply series yang berhasil melambungkan Hyeri Girls Day dan Eunji APink. Peran yang mereka dapatkan dalam drama tersebut membuat nama mereka semakin populer.

Mungkin, ketakutan itulah yang dirasakan sebagian orang kala mendengar kabar Jisoo mendapatkan posisi pemeran utama dalam Snowdrop. Tapi melihat Jisoo pernah berakting dalam Arthdal Chronicles rasanya kita tidak perlu menghakimi sedari awal. Kita nantikan saja akting Jisoo dalam drama ini.