Saat Rutinitas Terasa Tak Bermakna, Begini 5 Cara untuk Mengatasinya
Ilustrasi cara mengatasi bosan dengan rutinitas (Freepik)

Bagikan:

JAKARTA – Menjalani rutinitas penting untuk mengelola atau mengatur waktu. Supaya tidak ada aspek kehidupan yang terabaikan, maka dengan menjalani rutinitas bisa membantu. Menurut Mariana Plata, psikolog yang tinggal di Panama, rutinitas berkaitan dengan kesehatan mental.

Rutinitas membuat rencana Anda bisa berjalan dengan baik, misalnya selain bekerja selama 8 jam sehari masih sempat untuk menggeluti hobi ataupun bercengkerama dengan orang terdekat dan mendapatkan cukup istirahat. Tetapi, ada kalanya seseorang kehilangan motivasi karena mengerjakan hal yang sama setiap hari tanpa merasakan hal baru. Apabila Anda pernah dan atau sedang merasakan kejenuhan pada rutinitas, berikut cara untuk mengatasinya.

1. Terima situasi dan berdayakan diri

Makna dari setiap rutinitas berangkat dari diri sendiri. Munculnya ketidakbermaknaan rutinitas, bisa berangkat dari bagaimana rutinitas tersebut menjadi berharga. Apabila merasa begitu, ubah persepsi Anda. Dilansir Hack Spirit, Senin, 13 Desember, rutinitas dirasa tak berharga bisa dipicu rasa ragu, ketakutan, dan ketidaknyamanan.

Maka cobalah membuat diri lebih berdaya, misalnya dengan mengatur ulang rutinitas sekaligus membuat pencapaian sederhana yang bisa diselesaikan dalam waktu sehari.

2. Membantu seseorang yang membutuhkan

Membantu seseorang yang membutuhkan, bisa meningkatkan makna citra diri. Kalau merasa rutinitas Anda tak berharga, ambillah jeda. Habiskan waktu dengan berkomunikasi dengan orang lain. Apabila ada yang membutuhkan bantuan kecil sesuai kapasitas Anda, ulurkan tangan dan dapatkan penghargaan kecil dari orang yang Anda bantu.

3. Lakukan upaya sadar untuk mengakui perasaan Anda

Banyak orang yang tidak merasakan makna dalam hidup karena tidak sadar telah ‘mematikan’ emosi mereka, dilansir LifeHack. Ketika rutinitas tak bermakna, mungkin karena telah mencapaia titik di mana emosi menjadi luar biasa dan menyebabkan cemas. Hal yang bisa dilakukan, akui perasaan Anda dan mulai terhubung kembali dengan emosi Anda.

4. Menulis jurnal

Banyak faktor yang menyebabkan makna memudar, terutama yang berkaitan dengan rutinitas yang sama setiap harinya. Pada satu titik, mungkin Anda merasakan hal tertentu tetapi tak disadari. Jadi mulailah membuat jurnal tentang hal-hal yang terjadi sepanjang hari Anda untuk membantu melawan perasaan kosong.

5. Cari aktivitas baru yang membuat Anda merasa bahagia

Aktivitas baru mendorong seseorang merasa tertantang dan menjadi lebih optimis. Dengan menjalani aktivitas baru, makna baru akan dirasakan. Namun, supaya tidak memperburuk suasana hati, tetapkan waktu khusus untuk menjalani aktivitas baru tersebut. Ini juga membantu waktu Anda tetap on track dan tidak meninggalkan apa yang telah menjadi tanggung jawab Anda.