Bagikan:

YOGYAKARTA – Rutinitas bersama kekasih paling populer ialah malam mingguan bersama. Namun lebih dari itu, ternyata tak sekedar rutinitas begitu-begitu saja. Tetapi menjalani rutinitas bersama pasangan ternyata memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas hubungan. Menurut psikolog klinis hubungan, Sabrina Romanoff, PsyD., rutinitas memberikan landasan, struktur, konsistensi, dan stabilitas hubungan. Selengkapnya, ini alasan kenapa penting menjalani rutinitas bersama kekasih atau pasangan Anda.

1. Peningkatan stabilitas

Menambahkan spontanitas mungkin akan membumbui rutinitas jadi lebih menarik. Tetapi spontanitas membuka kemungkinan stres yang tidak bisa diprediksi. Maka merencanakan rutinitas penting dilakukan. Karena menurut Romanoff, rutinitas membangun stabilitas dan keakraban yang menjaga komitmen hubungan jangka panjang.

2. Memperkuat ikatan

Saat Anda dan pasangan menyepakati rutinitas tertentu, maka satu sama lain akan menyesuaikan dan mengakomodasi preferensi. Proses ini membantu memperkuat ikatan dan meningkatkan hubungan Anda berdua.

rutinitas bersama pasangan meningkatkan kualitas hubungan
Ilustrasi rutinitas bersama pasangan meningkatkan kualitas hubungan (Freepik/drobotdean)

3. Waktu akan lebih bermakna

Setiap hari mungkin Anda melewati waktu sore, tetapi ada yang membuatnya bermakna, yaitu menjalani rutinitas bersama pasangan. Rutinitas dapat membantu Anda dan pasangan menghabiskan waktu bersama sambil melakukan aktivitas yang Anda berdua sukai, kata Dr. Romanoff dilansir VerywellMind, Senin, 1 Januari. Hal ini dapat membantu membuat waktu berkualitas Anda bersama menjadi lebih bermakna.

4. Komitmen lebih kuat

Merencanakan rutinitas, menyepakatinya, dan menjalani bersama pasangan, membangun komitmen yagn disadari. Untuk itu, komitmen bisa lebih kuat karena Anda dan pasangan memprioritaskan berdua.

5. Keintiman emosional lebih besar

Misalnya Anda dan pasangan menjalani rutinitas jalan pagi berdua. Dengan menjalaninya, berarti berbagi pengalaman dan terlibat dalam satu aktivitas sehingga rasa kebersamaan meningkatkan keintiman.

6. Meningkatkan kepercayaan

Rutinitas membantu menciptakan konsistensi dan bisa mengandalkan satu sama lain. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya Anda dan pasangan berdua. Bahkan, bisa saling percaya dalam menjalani hubungan ke depan.

7. Mengurangi stres dan konflik

Seperti yang dijelaskan pada alasan pertama, spontanitas dan ketidakpastian dapat menimbulkan stres. Kadang juga memantik konflik jika ekspektasi tidak terpenuhi. Maka dengan memiliki rutinitas yang stabil dapat membantu mengurangi stres dan konflik.

Tutup Ramanoff dalam ulasan tentang alasan kenapa penting menjalani rutinitas bersama pasangan, dengan menjalaninya maka Anda dan pasangan melebur serta mengintegrasikan kehidupan. Ini berarti menyelaraskan satu sama lain. Namun penting dipahami, rutinitas yang konsisten bukan tidak memerlukan hal-hal baru. Saran Ramanoff, ambillah risiko berdua untuk menciptakan sensasi baru, misalnya mencoba makanan baru, restoran baru, atau aktivitas baru.