9 Strategi yang Dipakai Pasangan Menutupi Perselingkuhan, Biar Enggak Ketahuan
Ilustrasi (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Perselingkuhan dalam hubungan percintaan sangat umum terjadi. Beberapa orang menjadikan perilaku tidak setia untuk keluar dari hubungan yang tak lagi dinikmatinya. Mereka berharap pihak yang lain muak dan tidak tahan lalu mengakhiri hubungannya.

Sebaliknya, ada orang yang berusaha menyembunyikan perselingkuhannya karena tidak ingin kehilangan pasangan utamanya. Mereka takut kehilangan hubungan utamanya sehingga tak segan memberikan upaya ekstra agar tidak ketahuan.

Tiap orang memiliki sisi kreatif yang berbeda dalam hal menyembunyikan perselingkuhan. Namun penelitian yang dilakukan Apostolou, melansir Psychology Today, Rabu, 8 Maret mengidentifikasi setidaknya ada sembilan strategi pasangan menutupi perselingkuhan. Apa saja? Mari simak di bawah ini.

Berhati-hati

Trik yang paling sering dilakukan seseorang agar hubungan terlarangnya tidak terbongkar yaitu berhati-hati ketika akan berkomunikasi atau bertemu. Dia dan selingkuhannya dengan sengaja membatasi akses komunikasi agar tidak mudah ketahuan. 

Menghapus bukti digital

Di dunia teknologi saat ini, pesan teks atau foto yang yang berisi bukti perselingkuhan dapat dengan mudah dibaca di ponsel yang tidak diberi kata sandi atau kotak masuk pesan yang dibiarkan terbuka. Orang yang ingin merahasiakan perselingkuhannya akan menghilangkan semua bukti. Sehingga mempersulit pasangan utamanya membuat tuduhan berdasarkan penemuan bukti tersebut.

Berperilaku sama seperti biasanya

Perubahan perilaku yang dilakukan orang berselingkuh bisa menimbulkan kecurigaan. Oleh sebab itu, dia berusaha sebisa mungkin tidak mengubah perilakunya saat berinteraksi dengan pasangan utama. Dia mencoba menjaga dinamika komunikasi dengan pasangan demi menghilangkan kecurigaan.

Mempertahankan rutinitas yang sama

Selain menjaga sikap, komunikasi, dan perilaku yang sama dengan pasangan utama, pihak berselingkuh juga akan mempertahankan rutinitas harian yang sama. Perubahan penampilan seperti potongan dan model rambut baru bisa timbulkan kecurigaan. Sama halnya jika dia melakukan pengeluaran-pengeluaran baru yang tak terhitung. Pembohong cerdas akan menjaga kebiasaan mereka sehari-hari dan tetap konsisten demi menutupi perselingkuhan.

Gunakan teman sebagai alasan

Secara khusus, tidak jarang pasangan berselingkuh menggunakan teman mereka sebagai alibi atau alasan yang dapat dipercaya. Misal ketika pulang larut malam, biasanya dia akan beralasan keluar dengan temannya, padahal dia baru saja bertemu dengan selingkuhannya.

Membuat sandi di setiap perangkat

Saat ini bukti perselingkuhan mudah didapat melalui daftar panggilan telepon atau pesan teks. Jika pasangan Anda tiba-tiba memasang kata sandi di semua perangkat elektroniknya tanpa alasan masuk akal, maka bisa jadi dia sedang menyembunyikan sesuatu. Tidak hanya itu, jika dia diam-diam mengubah kata sandi media sosialnya, maka tindakan ini perlu dicurigai.

Tidak pernah mempertanyakan kesetiaan pasangan

Demi menutupi perselingkuhan, dia tak akan mempertanyakan seberapa setia pasangan utama padanya. Sebab, dia tahu hal yang sama juga akan ditanyakan padanya. Dia tak pernah penasaran tentang seberapa besar rasa cinta pasangan utama sebab rasa cintanya sendiri sudah berpaling pada orang lain.

Meningkatkan perhatian pada pasangan utama

Salah satu cara yang diduga untuk mengalihkan perhatian pasangan utama agar tidak curiga adalah dengan menghujaninya dengan minat, cinta, dan perhatian. Menjadi lebih hangat dan lebih baik, misalnya, adalah strategi menutupi perselingkuhan.

Email atau handphone baru

Pendekatan teknologi lain dalam menyembunyikan perselingkuhan adalah membuat akun baru yang tidak diketahui oleh pasangan utama. Ini membantu menjaga komunikasi dengan selingkuhannya sehingga pasangan tidak mengetahuinya.