Bagikan:

JAKARTA - Harus menjalani pekerjaan yang tidak disukai pasti membuat rutinitas sehari-hari menjadi sangat berat. Namun, sering kali Anda tidak punya pilihan selain bertahan karena berbagai alasan. Jika saat ini Anda sedang menghadapinya, bersabarlah dan simak beberapa tips dari VOI melansir Psych Central, Selasa, 11 Juni berikut ini agar hari-hari di kantor bisa lebih terasa ringan.

Bangun koneksi dengan rekan kerja

Mengembangkan hubungan baik dengan rekan kerja dapat membuat pekerjaan terasa lebih bermakna dan menyenangkan. Tak ada lagi rasa malas ke kantor, meski pekerjaannya tidak sesuai dengan keinginan Anda.  Anda bisa membangun koneksi ini dengan cara mengajak rekan kerja makan siang bersama atau bawakan kopi dan donat sebagai cara memulai percakapan pribadi dan meningkatkan semangat.

Identifikasi masalah dan buat penyesuaian

Sebelum memutuskan keluar dari pekerjaan, pertimbangkan untuk melakukan penyesuaian. Coba identifikasi penyebab stres di kantor serta ambil langkah mengatasinya. Masalah dengan rekan kerja bisa bertemu langsung dengan supervisor untuk membicarakannya. Sulit membaca perintah, minta klarifikasi atasan. Membuat perubahan positif jika memungkinkan dapat membuat perbedaan besar dalam kesejahteraan di kantor. 

Beri diri waktu menyesuaikan diri

Memulai pekerjaan baru membutuhkan waktu beradaptasi Menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, mempelajari tanggung jawab, dan mengenal rekan kerja dapat mengubah opini Anda tentang pekerjaan. Jadi sebelum terburu-buru resign atau mencap pekerjaan baru sebagai hal buruk, tetap beri kesempatan.

Buat area kerja yang nyaman

Jika pekerjaan yang tidak disenangi membuat Anda tertekan, paling tidak buatlah area kerja di sekitar Anda terasa nyaman. Hal ini bisa dilakukan dengan menambahkan pernak-pernik kesukaan Anda. Salah satu hal yang bagus untuk ada di meja kerja adalah tanaman.

Selain membuatnya tampak lebih bagus, tanaman juga bisa menurunkan tingkat kecemasan dan stres. Dengan begitu, kesehatan mental bisa lebih terjaga meskipun harus menjalani pekerjaan yang tidak disukai.

Buat koneksi baru

Salah satu hal produktif yang bisa Anda lakukan yaitu ciptakan koneksi baru. Menciptakan hubungan dengan supervisor, rekan kerja, dan klien bisa jadi kunci mendapatkan pekerjaan Anda berikutnya.

Sebanyak 60 persen dari semua pekerjaan ditemukan melalui koneksi. Mulailah berbicara dengan orang-orang dan bertukar informasi diri. Mungkin hanya diperlukan satu koneksi yang baik untuk membuka peluang lebih baik.

Jadwalkan hal yang disukai saat libur

Jangan biarkan pekerjaan yang menurut Anda tidak menyenangkan membuat Anda tidak menikmati hidup. Maksimalkan waktu luang setelah jam kerja untuk melakukan hal-hal positif yang bisa mengembalikan energi, misalnya hobi. Hal ini dapat menjadi motivasi untuk menyelesaikan kerja tepat waktu dan memberi Anda dorongan untuk melalui hari meskipun berat.