Biar <i>Gak</i> Garing, Begini 7 Cara Mudah Memulai Percakapan dengan Orang Asing
Ilustrasi cara memulai percakapan dengan orang asing (Unsplash/Lala Azizli)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi Anda yang introvert, mungkin akan enggan membuka percakapan dengan orang asing. Tetapi, tak ada salahnya mencoba percakapan untuk saling mengenal dan bertukar informasi konteks dengan apa yang Anda cari. Dengan berjejaring bahkan penting untuk mengembangkan dan memajukan karir, artinya coba tips-tips berikut untuk membuka obrolan dengan orang asing.

1. Cari detail kecil tentang outfit atau aksesoris yang dikenakan

Detail kecil bisa berbentuk apa saja, termasuk kaos, kaus kaki, dompet, hingga sepatu. Mungkin, lawan bicara Anda memiliki cincin yang mencolok berbahan batu akik. Ini bisa menjadi pembuka obrolan yang menyenangkan.

2. Tanya tentang asal atau tempat tinggal

Pertanyaan ini paling sering dilontarkan ketika orang lain ingin membuka obrolan. Dari petunjuk geografi, Anda bisa menggali obrolan lebih panjang dan saling bertukar informasi. Anda juga dapat menindaklanjuti tentang status mereka atau hubungan Anda dengannya.

cara memulai percakapan dengan orang asing
Ilustrasi cara memulai percakapan dengan orang asing (Unsplash/Ernest Ojeh)

3. Tanya tentang jadwal penerbangan

Di tempat yang merupakan fasilitas publik atau tempat publik lainnya seperti bandara, mungkin Anda bertemu dengan orang asing. Saat menunggu penerbangan, Anda juga bisa membuka obrolan dengan teman sebelah Anda. Obrolan bisa dimulai dengan jadwal penerbangan dan tujuan. Dari situ percakapan bisa menuju ke berbagai topik yang Anda senangi.

4. Bertanya tentang apa yang menarik di lokasi Anda berada

Ketika Anda mengunjungi tempat baru, tentu membutuhkan banyak petunjuk untuk menikmati perjalanan. Jika Anda baru di kota ketika menghadiri konferensi tertentu, mintalah tips tentang tujuan wisata dan restoran yang tidak boleh Anda lewatkan.

5. Mendiskusikan kesamaan

Meski bertemu dengan orang asing, naluri akan membantu Anda menuntun membuka obrolan. Kuncinya adalah mencari kesamaan dan mendiskusikannya. Misalnya, tentang pekerjaan atau mengenai hal-hal yang disukai.

6. Diskusikan tentang hal baru

Berdiam diri di tempat baru, mungkin akan lebih membosankan daripada membuka obrolan dengan orang baru dan tentang hal baru. Misalnya tentang gawai yang dipakai atau tentang bangunan baru di depan Anda dan lawan bicara Anda.

7. Obrolkan tentang aturan tidak tertulis di tempat Anda

Mendatangi tempat baru, banyak informasi yang perlu diserap tapi tidak semua bisa Anda baca di papan informasi. Jika dalam situasi seperti tersebut, perlu kiranya membuka obrolan dengan orang baru yang menurut Anda bisa memberi petunjuk tentang apa yang dicari. Misalnya tentang tradisi, budaya, ataupun kebiasaan hidup masyarakat di tempat yang Anda kunjungi.

Itulah tujuh cara membuka percakapan dengan orang asing. Menurut Ruth Gotian, Ed.D., asisten profesor pendidikan di Weill Cornell Medical College dilansir Psychology Today, Jumat, 19 Agustus, cara di atas juga bisa mengembangkan hubungan profesional. Kuncinya, kembangkan obrolan pada tingkat pribadi atau selain pekerjaan agar orang tersebut mengenal, menyukai, dan mempercayai Anda.