Cara Memulai Percakapan dengan Calon Mertua agar Jadi Mantu Kesayangan
Ilustrasi obrolan dengan calon mertua (Rdne Stock/Pexels)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tak banyak orang tahu bagaimana cara memulai percakapan dengan calon mertua. Biasanya di awal-awal akan muncul rasa gugup dan segan sehingga percakapan jarang terjadi. Padahal untuk menjadi mantu kesayangan adalah memperbanyak perbincangan dengan mereka.  Bahkan, ngobrol adalah salah satu cara memperkuat hubungan menantu dan mertua.

Untuk memulai percakapan dengan mertua, calon mantu bisa memilih topik yang umum dan mudah dipahami.

Cara Memulai Percakapan dengan Calon Mertua

Usahakan agar calon mantu membuka obrolan dengan calon mertua lebih dulu. Beberapa cara ini bisa dipakai jika bungun membuka obrolan dengan mertua.

  1. Bicarakan Kondisi Terkini

Salah satu yang membatasi percakapan dengan calon mertua adalah topik yang tidak related. Di sisi lain topik percakapan yang baik adalah yang dipahami dua belah pihak. Untuk itu membicarakan kondisi yang sedang terjadi bisa jadi langkah baik.

Contoh kondisi terkini yang bisa jadi bahan obrolan adalah cuaca, fenomena unik yang tayang di televisi, atau terkait aktivitas yang sedang dikerjakan bersama calon mertua.

  1. Ceritakan Tentang Anaknya

Percakapan antara Anda dan calon mertua juga bisa dimulai dengan membicarakan tentang sang anak yang bakal menjadi pasangan. Topik ini cukup related di dua belah pihak sehingga obrolan bisa terus berlanjut.

Sebagai contoh, bicarakan tentang bagaimana Anda dan sang anak pertama kali bertemu hingga akhirnya memutuskan untuk menjalin hubungan yang lebih serius. Atau bisa juga membicarakan masa depan setelah menikah nanti.

  1. Bicara Makanan Berujung Makan di Restoran

Topik menarik yang bisa dibicarakan lainnya adalah terkait makanan. Cobalah untuk membawa oleh-oleh spesial jika memungkinkan untuk membuka obrolan. Topik ini bisa menambah keakraban Anda dan calon mertua, bahkan bisa berujung pada pergi makan bersama di tempat makan favorit.

  1. Coba Cari Tahu Hobi Masing-masing

Sebelum bertemu calon mertua, Anda bisa bertanya kepada anaknya terkait hobi yang disukai oleh orang tua. Jika hobi yang dipunyai ternyata sama, percakapan bisa terus berlanjut dan mengasyikkan.

  1. Bicara Lalu Lintas? Kenapa Tidak?

Membuka obrolan dengan mulai membicarakan lalu lintas sangat mungkin dilakukan. Ceritakan bagaimana perjalanan Anda saat menuju rumah calon mertua, menggunakan kendaraan apa dan bagaimana lalu lintas yang ditemui di jalan. Obrolan tentang lalu lintas memang cukup klise, namun ampuh untuk menghindari kecanggungan.

  1. Bicarakan Hal Menarik yang Ada di Dalam Rumah

Lakukan screening singkat terhadap kondisi di dalam rumah. Jika menemukan hal menarik Anda bisa mulai membicarakan barang tersebut. Beberapa barang yang bisa dibicarakan misalnya lukisan, foto, pajangan rumah, atau benda lain yang bisa jadi bahan perbincangan.

Itulah beberapa cara memulai percakapan dengan calon mertua. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.