Jatuh Cinta Bikin Kurang Produktif Menurut Studi, Bagaimana Cara Mengatasi? Ikuti Tipsnya
Ilustrasi efek jatuh cinta menurut penelitian (iStockphoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Perasaan berbunga-bunga ketika jatuh cinta, ternyata mempengaruhi produktivitas. Sebuah studi kecil yang melibatkan 43 orang yang telah menjalin hubungan baru selama enam bulan. Studi ini dilakukan oleh Dr. Henk Ven Steenberg dari Institut Psikologi Universitas Leiden. Penelitian ini mencatat bahwa pada tahap awal hubungan romantis, membuat kontrol kognitif individu menurun.

Itulah efek yang merepresentasikan betapa berpengaruhnya rasa bunga-bunga pada produktivitas seseorang ketika jatuh cinta. Untuk mengatasinya, berikut cara mengatasi agar tetap bisa produktif tetapi juga hubungan berlangsung langgeng.

1. Lakukan self-talk positif

Emosi merupakan bagian dari proses kehidupan yang tak dapat dikesampingkan. Salah satu cara untuk tetap mengontrolnya, dan tak mengganggu produktivitas Anda, ialah dengan pembicaraan pada diri sendiri yang positif dan tetaplah disiplin. Self-talk juga bisa membantu Anda menghadapi setiap badai yang menerpa sehingga tetap teguh berdiri mencapai tujuan hidup Anda.

efek jatuh cinta menurut penelitian
Ilustrasi efek jatuh cinta menurut penelitian (iStockphoto)

2. Banyak tertawa

Perasaan dramatis, mungkin lebih menggebu ketika jatuh cinta. Ini juga menyebabkan energi tersedot habis untuk romantisme dan jauh dari produktivitas, pekerjaan misalnya. Cobalah mengatasi ini dengan banyak-banyak tertawa. Cintai hal-hal yang Anda miliki, seperti jenjang karir atau pekerjaan yang Anda geluti saat ini.

3. Tingkatkan fokus

Langkah pertama memang perlu dipaksakan untuk tetap mengerjakan kewajiban. Jika sulit untuk fokus pada saat sekarang, cobalah untuk membagi waktu. Misalnya, bekerja dalam waktu satu jam tanpa memikirkan kekasih Anda dan hal-hal tentangnya. Setelah waktu istirahat, Anda bisa kembali memberikan perhatian pada petualangan perasaan cinta.

4. Membangun batasan

Batasan merupakan hal penting yang perlu dibangun. Ketika berada di ruang kerja, tanggalkan pikiran dan perasaan di luar kerjaan. Pun sebaliknya, ketika bersama pasangan, Anda juga perlu membuat prioritas.

5. Buat rutinitas baru

Jika tak membuat Anda lebih produktif setelah menjalani tips sebelumnya, cobalah membuat rutinitas baru. Rutinitas baru membantu membangun produktivitas Anda kembali. Misalnya, buat jadwal kapan perlu fokus bekerja dan bertemu dengan kekasih Anda. Ketika memiliki jadwal yang jelas, maka rutinitas baru akan terbangung dan membuat Anda lebih segar kembali ketika turun tangan menyelesaikan tugas.

Studi yang dilansir Science Daily, Kamis, 2 Juni, menemukan bahwa semakin seseorang diselimuti cinta, maka semakin sulit mengabaikan informasi yang tak relevan. Hasil penelitian ini berlaku pada perempuan dan pria, artinya efek cinta tak berbeda. Selain studi yang dilakukan Van Steenbergen, banyak studi sebelumnya yang menunjukkan bahwa kemampuan untuk mengabaikan informasi yang mengganggu diperlukan untuk mempertahankan hubungan romantis jangka panjang. Itu berarti bahwa mencintai secukupnya akan bermakna alih-alih overthinking memikirkan hal-hal yang tak perlu dipikirkan.