Dokumenter <i>Scene</i> Metal Vietnam, <i>Saigon Metalhood</i> Tayang di Amazon dan Vimeo
Ilustrasi scene metal Vietnam (Instagram @saigonmetalhood)

Bagikan:

JAKARTA - Saigon Metalhood, sebuah film dokumenter berdurasi satu jam yang menyoroti tiga generasi metalhead Vietnam tersedia untuk streaming di Amazon dan Vimeo. Dokumenter ini menampilkan cerita asal-usul heavy metal di Vietnam hingga eksistensi dari scene saat ini. 

Legenda rock Saigon, Trung Thanh Sago memulai kariernya sebagai remaja yang merobek-robek tentara AS di Vietnam Selatan, dan mewakili 'masa lalu'. Dia menceritakan kisah hidupnya, mengantar kita melalui asal-usul rock dan metal di Vietnam, dan soal kendala signifikan yang dihadapi dirinya dan scene metal. 

Sekarang dalam tahap akhir hidupnya, ia berbicara tentang kehilangan teman-temannya karena emigrasi dan kematian, masalah kesehatan dan scene metal hari ini. 

Mewakili 'masa kini' adalah mantan pelopor musik ekstrem Vietnam, Trung Loki yang termasyhur. Baru-baru ini ia kembali ke panggung setelah kebiasaan absen. 

Awalnya berhati-hati dan merenung, ia mengisap rokok sambil membuka tentang cinta yang hilang, kecanduan metamfetamin, pengalaman rehabilitasi yang mengerikan dan tergelincirnya scene metal di mana ia begitu berperan baik dalam membangun maupun menghancurkannya.

Perang, politik, pertikaian, kecanduan, dan masyarakat acuh tak acuh, sering bermusuhan semua berkontribusi pada kesengsaraan komunitas metal di Vietnam, tetapi dalam kata-kata Loki: "Orang-orang tidak peduli tentang kita ... dan kita bahkan tidak peduli tentang mereka."

Lair of the Alchemist, kanal YouTube yang didedikasikan untuk membahas semua hal tentang heavy metal dan hard rock, baru-baru ini memiliki kesempatan untuk mewawancarai para pembuat film Saigon Metalhood. Anda dapat mengintip obrolannya di bawah ini.