Garuda Indonesia Perluas Konektivitas Kargo, Kali ini Rute ke Saigon Vietnam
Irfan Setiaputra Dirut Garuda Indonesia. (Foto: pribadi, DI: Raga/VOI)

Bagikan:

JAKARTA – Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperluas konektivitas jaringan penerbangan kargo internasionalnya, kali ini menuju Saigon, Vietnam melalui rute penerbangan "Makassar - Singapura - Saigon - Jakarta". Rute tersebut resmi dilayani pada 15 Desember 2021 dengan armada Airbus A330-300 sebanyak satu kali per minggu.

Perluasan konektivitas layanan penerbangan kargo ke Saigon tersebut sejalan dengan potensi perdagangan antara Indonesia dan Vietnam yang menunjukan potensi menjanjikan di mana nilai perdagangan antara kedua Negara tersebut meningkat secara berkala hingga lebih dari 66 persen selama tiga tahun terakhir.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan, perluasan jaringan penerbangan kargo ke Vietnam ini merupakan langkah berkelanjutan Garuda Indonesia dalam memaksimalkan potensi direct call antara kedua negara untuk berbagai komoditas ekspor unggulan nasional seperti produk manufaktur, garmen, suku cadang, hingga komoditas kemaritiman.

Pada tahap awal, layanan penerbangan kargo menuju Saigon, Vietnam tersebut dilayani melalui penerbangan charter yang berangkat dari Makassar menuju Singapura pada pukul 15.15 LT, kemudian dilanjutkan dengan penerbangan menuju Saigon, Vietnam yang bertolak dari Singapura pada pukul 19.55 LT dan tiba di Saigon pada pukul 21.20 LT.

"Perluasan konektivitas rute khusus kargo ini merupakan salah satu peluang bisnis yang secara berkelanjutan akan terus kami optimalkan, selaras dengan tren kebutuhan pengangkutan kargo yang kami proyeksikan akan terus tumbuh ke depannya,” ujar Irfan Setiaputra, seraya menambahkan bahwa dengan komitmen tersebut, Garuda Indonesia hingga Q3-2021 berhasil mencatatkan peningkatan trafik angkutan kargo internasional sebesar 90 persen—dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Lebih lanjut, Irfan menjelaskan bahwa pengoptimalan layanan pengiriman kargo internasional memiliki arti penting; tidak saja bagi upaya pemulihan kinerja Garuda Indonesia, namun juga bagi peran Garuda Indonesia sebagai national flag carrier dalam mendukung aktivitas ekspor nasional. Dalam kaitan tersebut, Garuda Indonesia sebelumnya telah mendukung sejumlah aktivitas direct call pengiriman komoditas ekspor, di antaranya: pengiriman produk industri lokal berupa sepatu dari Jakarta ke Milan, Italia; pengiriman marine products dari Jakarta ke Taipei, Taiwan; hingga aktivitas ekspor perdana lada putih dari Pangkal Pinang menuju Kanada dan Amsterdam.