Sering Jadi Kambing Hitam Kebodohan, 8 Sinetron Indonesia Ini Digemari Penonton di Luar Negeri
Serial dan Sinetron Indonesia

Bagikan:

JAKARTA - Sinetron Indonesia seringkali dicaci dan menjadi kambing hitam kebodohan masyarakat. Cerita yang dilebih-lebihkan, kualitas yang buruk karena kejar tayang, hingga panjangnya episode adalah alasan sinetron Indonesia disebut memiliki kualiatas rendah.

Namun, anggapan itu tidak selalu benar. Karena ada sinetron Indonesia yang berkualitas bahkan digemari di luar negeri. Di masa kini, serial Indonesia yang tayang di OTT juga menunjukkan tajinya. Berikut daftar sinetron dan serial Indonesia yang digemari di luar negeri.

1. Benci Jadi Cinta
Benci Jadi Cinta yang dibintangi oleh Nia Ramadhani merupakan salah satu sinetron Indonesia yangtayang di luar negeri yakni, Malaysia. Di Indonesia, sinetron ini sudah tayang sejak 2006. Sedangkan di Malaysia ditayangkan pada 2014.

2. Cinta Fitri

Cinta Fitri menjadi sinetron yang semakin membuat nama Shireen Sungkar semakin melejit. Sinetron yang jumlah episodenya ribuan dengan 7 season ini menjadi salah satu sinetron dengan jumlah episode terbanyak, tetapi juga menjadi kesukaan banyak masyarakat.

Saking suksesnya sinetron ini, banyak yang mengeluarkan DVD-nya untuk dijual ke luar negeri seperti di Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Kini sinetron ini diadaptasi menjadi serial yang juga sama populernya dengan sinetron lawasnya.

3. Dia Jantung Hatiku
Sinetron Dia Jantung Hatiku mengisahkan alur anak yang tertukar. Sinetron yang dibintangi oleh Naysila Mirdad ini berhasil tayang di stasiun televisi Malaysia.

4. Para Pencari Tuhan


Sinetron yang tayang khusus saat bulan Ramadan, Para Pencari Tuhan tak perlu diragukan kualitasnya. Para Pencari Tuhan juga tayang di luar negeri.

Sinetron ini mendapatkan apreasiasi positif selama tayang karena dianggap punya alur menarik dan mendidik. Terlebih, disuguhkan dengan komedi. Bahkan, sinetron yang dibintangi oleh Deddy mizwar ini mendapatkan penghargaan internasional dari Festival ConFesta Japan untuk kategori Special Award for Foreign Drama.

5. Tersanjung
Selain Cinta Fitri, sinetron Tersanjung menjadi idola ibu-ibu era 90-an. Sinetron yang dibintangi Lulu Tobing ini pernah tayang dengan 7 musim dari tahun 1998 sampai tahun 2005.

Saking digemarinya sinetron ini, sampai ada VCD nya yang dijual ke luar negeri, termasuk Singapura, Malaysia, dan bahkan Taiwan. Sinetron ini juga dalam proses adaptasi menjadi serial yang akan segera tayang di OTT.

6. Little Mom


Serial Little Mom yang tayang perdana di platform streaming WeTV pada 10 September 2021 berhasil masuk jajaran trending program WeTV di 22 negara berbeda sekaligus dan masuk dalam Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) untuk Webseries Indonesia yang Trending di Negara Terbanyak (22 Negara).

Series yang dibintangi oleh sederet artis muda ternama Indonesia, seperti Natasha Wilona, Al Ghazali, Teuku Rassya dan Elina Joerg ini bahkan mencapai posisi trending #1 di Indonesia, Malaysia, Dubai, Singapura, Brunei dan Amerika. Selain itu, Little Mom juga trending di Belanda (#2), Hongkong & Prancis (#3), Jerman (#4), Kanada (#7) dan Taiwan (#10).

7. Antares
Dua series yang dibintangi Angga Yunanda, Antares, sukses menjadi favorit nomer satu di Malaysia. Angga mengaku senang karena penonton bisa datang dari berbagai daerah.

"Kisah untuk Geri dan Antares bisa ditonton bukan cuma warga Indonesia tapi juga di luar negeri. Bahkan Antares masuk dalam jajaran favorit peringkat pertama di Malaysia. Itu luar biasa buat kita pemain dan kru-kru lainnya. Sangat senang dengan hal tersebut karena kerja keras yang kita lakukan mendapat hasil yang baik," katanya.

8. 9 Bulan
Fero Walandouw tak menyangka sinetron yang dibintanginya menjadi favorit di Malaysia. "Nggak nyangka di Malaysia bisa jadi favorit juga. Memang sebenarnya bicara OTT dan TV yang selama ini kita jalani itu cukup berbeda jauh. Kalau di Digital kita bisa nonton kapanpun dan dimanapun," katanya.