Tokoh GP Ansor Jadi Komisaris di Kimia Farma, <i>Please Welcome</i> Rahmat Hidayat Pulungan
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Kimia Farma Tbk baru saja menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Rabu 18 Agustus kemarin. Salah satu hasil rapat emiten berkode saham KAEF tersebut yakni mengangkat Rahmat Hidayat Pulungan sebagai Komisaris Independen yang baru.

Rahmat diketahui merupakan fungsionaris Gerakan Pemuda (GP) Ansor. Dia juga pernah masuk dalam bursa Ketua Umum GP Ansor periode 2015-2020, yang akhirnya dimenangkan Yaqut Cholil Qoumas, kini Menteri Agama.

Rahmat sebelumnya pernah menjabat di posisi Komisaris PT Kereta Api Indonesia (Persero) pada 2017-2021, Komisaris PT Rekayasa Industri pada 2015-2017 dan Komisaris PT Berdikari (Persero) pada 2013-2015.

Dalam RUPSLB Kimia Farma tersebut juga diputuskan perubahan nomenklatur dan susunan pengurus perseroan di mana RUPSLB menyetujui dan mengangkat Jasmine Kamiasti Karsono sebagai Direktur Portofolio & Pengembangan Bisnis.

RUPSLB juga mengubah nomenklatur pengurus perseroan yaitu Imam Fathorrahman sebagai Direktur Pemasaran & Komersial yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pengembangan Bisnis Rapat dihadiri oleh 90,28 persen dari keseluruhan pemegang saham KAEF.

Pelaksanaan RUPSLB dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan ketat dan mengacu pada aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). RUPSLB diselenggarakan secara elektronik dengan sistem e-proxy yang disediakan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), sehingga pemegang saham dapat menggunakan hak suaranya melalui sistem tersebut.

Pemegang saham juga menyetujui dan mengesahkan Pemberlakuan Peraturan Menteri BUMN RI Nomor PER-05/MBU/04/2021 tentang Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha Milik Negara.

Dengan perubahan tersebut, maka susunan dan jabatan Dewan Komisaris dan Direksi KAEF terbaru sebagai berikut:

DEWAN KOMISARIS

Komisaris Utama: Abdul Kadir

Komisaris: Subandi Sardjoko

Komisaris: Dwi Ary Purnomo

Komisaris Independen: Rahmat Hidayat Pulungan

Komisaris Independen: Kamelia Faisal

Komisaris Independen : Musthofa Fauzi

DIREKSI

Direktur Utama: Verdi Budidarmo

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Lina Sari

Direktur Portofolio dan Pengembangan Bisnis: Jasmine Kamiasti Karsono

Direktur Pemasaran dan Komersial: Imam Fathorrahman

Direktur Produksi dan Supply Chain: Andi Prazos

Direktur Umum dan Human Capital: Dharma Syahputra