Arsjad Rasjid Tunjuk Konglomerat Chairul Tanjung hingga Aburizal Bakrie di Kepengurusan Kadin, Apa Posisinya?
Konglomerat Chairul Tanjung. (Foto: Instagram @forbesindonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid mengumumkan susunan kepengurusan baru periode 2021-2026. Dalam jajaran nama yang disebutkan Arsjad, ada satu nama yang menarik perhatian yakni Chairul Tanjung yang ditunjuk sebagai ketua dewan usaha.

Sekadar informasi, dalam kepengurusan sebelumnya hanya ada dua ketua dewan, yakni Dewan Pertimbangan dan Dewan Penasehat, namun kini ditambah Dewan Kehormatan dan Dewan Usaha.

"Beliau akan mengetuai dewan usaha ini, sekali lagi kami terima kasih Pak Chairul Tanjung. Suatu kehormatan bagi kami bersama di mana Pak Chairul Tanjung bergabung dengan kami untuk membangun Kadin Indonesia yang lebih maju," tuturnya dalam konferensi pers pengumuman susunan pengurus Kadin secara virtual, Senin, 9 Agustus.

Kemudian, kata Arsjad, posisi Ketua Dewan Penasihat diisi oleh MS Hidayat. Selanjutnya, posisi Ketua Dewan Kehormatan adalah Rosan Roeslani, dan anggotanya adalah Aburizal Bakrie, MS Hidayat, Adi Putra Tahir, dan juga Suryo Bambang Sulistyo.

Dalam kesempatan ini juga diumumkan koordinator Wakil Ketua Umum (WKU), wakil ketua umum dan kepala badan. Sedangkan Komisi tetap, wakil komisi tetap, dan anggota badan akan diumumkan satu bulan setelah acara ini.

"Karena bagaimanapun perlu adanya diskusi antara WKU dan kepala badan untuk mendiskusikan organ di dalamnya siapa saja di mana diskusi itu harus kita lakukan bersama. Oleh karena itu pengumuman itu satu bulan setelah acara ini," ujarnya.

Berikut susunan pengurus Kadin Periode 2021-2026:

- Ketua Umum Kadin: Arsjad Rasjid

- Ketua Dewan Pertimbangan: Anindya N. Bakrie

- Ketua Dewan Penasehat: Mohamad S. Hidayat

- Ketua Dewan Kehormatan: Rosan P. Roeslani, anggota Dewan Kehormatan di antaranya Aburizal Bakrie, Mohamad S. Hidayat, Adi Putra Tahir, Suryo Bambang Sulistyo

- Ketua Dewan Usaha: Chairul Tanjung