Bagikan:

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR-RI, Helmy Faishal Zaini mengatakan, saat ini telah terjadi perpindahan migrasi besar-besaran di seluruh sektor kehidupan, dari ruang yang di sebut sebagai ruang serba fisik ataupun physical space, sekarang berubah menjadi ruang yang serba digital ataupun cyber space.

"Saya sering mengatakan ini bukan sesuatu yang bersifat choice tetapi era ini adalah era yang bersifat imperatif atau memaksa kita, jadi era digital ini ada sesuatu yang taken for granted, maka untuk itu tidak ada lain bahwa kita harus menyiapkan diri, karena ekonomi kita sudah bergerak ke ekonomi digital," ujar Helmy dalam diskusi yang diselenggarakan BAKTI Kominfo bertemakan "Pemuda dan Literasi Digital: Meneguhkan Komitmen Kebangsaan", dikutip Senin 7 Juni.

Helmy menambahkan, dirinya pernah berjumpa dengan Menteri BUMN Erick Thohir. Dalam pertemuan itu, kata Helmy, Erick menyebutkan soal transkasi ekonomi digital yang sudah mencapai ribuan triliun.

"Bahkan dalam pertemuan saya bersama Pak menteri BUMN baru-baru lalu, beliau mengatakan bahwa transaksi di ekonomi digital ini sudah menyentuh ke angka mencapai Rp1.000 triliun dan tren ke depannya akan terus semakin bertambah," ujar Helmy.

Lebih lanjut Helmy menambahkan, transaksi di beberapa sektor kehidupan manusia sehari-harinya juga mengarah pada digital.

"Saya punya kawan di perbankan ketika saya tanya berapa persen transaksi perbankan yang sekarang sudah menggunakan online ternyata jawabannya sangat mengejutkan sekali bawah 90 persen lebih nasabah sudah tidak lagi datang ke bank, baik untuk setor maupun untuk transfer, tetapi sekarang sudah melalui transaksi online," kata Helmy.

"Pendidikan juga mengarah pada pendidikan jarak jauh bagaimana begitu banyak platform-platform digital yang memungkinkan kita untuk mengikuti proses pembelajaran melalui platform digital, bahkan dalam bidang keagamaan juga mengenal apa yang disebut sebagai dakwah virtual," imbuhnya.