Ganjar Pranowo: Pembangunan Pabrik Baterai Mobil Listrik LG di Kawasan Industri Batang Dimulai Mei 2021
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) ketika mendampingi Presisden Joko Widodo mengecek Kawasan Industri Batang (Foto: Dok. Pemprov Jateng)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan produsen baterai mobil listrik LG akan menjadi korporasi pertama yang mendirikan fasilitas produksi di Kawasan Industri Batang.

“Dalam waktu sembilan bulan, sudah ada sekitar 450 zona yang rampung. Kemudian sudah ada investor yang berkomitmen pada Mei nanti untuk mulai groundbreaking, yaitu LG dan produsen kaca. Tentu kami akan mendukung penuh,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu, 21 April.

Ganjar menambahkan, Kawasan Industri Batang menjadi harapan pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa Tengah. Pasalnya, kawasan ini diproyeksi akan diisi oleh perusahaan-perusahaan berkelas dunia.

“Ini kesemaptan bagi Jateng untuk tumbuh. Kami terima kasih kepada Presiden yang memiliki perhatian penuh soal ini,” tuturnya.

Ganjar juga menegaskan telah meminta jajarannya, baik di provinsi maupun di kabupaten/ kota, agar memudahkan calon investor yang akan masuk.

“Saya sudah memberi arahan tidak boleh ada yang main-main soal investasi. Tolong betul-betul dipantau dan didorong agar lebih sederhana,” imbuhnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun VOI, selain LG terdapat pula produsen kaca KCC Glass yang bakal membenamkan modalnya di kawasan industri terpadu tersebut.

Adapun, Total investasi LG yang akan bekerja sama dengan konsorsium BUMN ditaksir bernilai Rp142 triliun. Sementera KCC Glass merupakan entitas usaha asal Korea Selatan yang disebut-sebut bakal membangun pabrik kaca terbesar di Asia Tenggara.

Dalam kesempatan tersebut Ganjar turut mendampingi Presiden Joko Widodo untuk mengecek pembangunan Kawasan Industri Batang yang mempunyai luas total 4.300 hektare.

Ikut dalam rombongan, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Bupati Batang Wihaji, dan jajaran direksi PTPN, serta manajemen Grand Batang City.