Temui Luhut, Anindya Bakrie Bukan Minta Dukungan untuk Maju Pencalonan Ketua Kadin
Anindya Bakrie bertemu dengan Luhut Pandjaitan. (Foto: Instagram @anindyabakrie)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Anindya Novyan Bakrie dan sejumlah pengurus Kadin daerah menyambangi kantor Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan pada Senin, 29 Maret.

Namun, kedatangan Anindya ke Kementerian Kemaritiman dan Investasi bukan untuk membahas pencalonannya dalam bursa pemilihan ketua umum Kadin periode 2021-2026.

Di akun sosial media Instagram @anindyabakrie, Anindya membagikan foto moment pertemuannya dengan Luhut Binsar Pandjaitan. Anindya menjelaskan bahwa dalam pertemuan tersebut, pihaknya dan Luhut membahas mengenai pemulihan ekonomi pascapandemi.

"Tadi kami membicarakan krisis ekonomi akibat pandemi, dampaknya bagi teman-teman daerah, juga bagaimana upaya penanganannya dengan stimulus pemulihan ekonomi nasional (PEN) dan Undang-Undang Cipta Kerja," tulisnya, dikutip Selasa, 30 Maret.

Kata Anindya, perwakilan Kadin daerah yang hadir juga tadi menyampaikan harapan kepada pemerintah dalam hal ini Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan untuk kerja sama tekait sejumlah usaha yang dapat dilakukan oleh daerah.

Adapun perwakilan Kadin yang ikut serta dalam pertemuan tersebut adalah Ketua Umum Kadin Kepri Ahmad Maruf Maulana, Ketua Umum Kadin Bangka Belitung Tomas Jusman, Ketua Umum Kadin Jawa Barat Cucu Sutara, Kadin Gorontalo dan Bali.

"Pak Luhut menyampaikan banyak yang bisa dikerjasamakan antara pemerintah dengan Kadin baik pusat maupun daerah. Misalnya program food estate yang saat ini sedang digarap pemerintahan Presiden Jokowi juga banyak peluang lainnya," tuturnya.

Ke depan, kata Anindya, Kadin akan menjadi mitra strategis pemerintah dalam pemulihan perekonomian pasca COVID-19. Menurut dia, kerja sama pemerintah dan dunia usaha adalah kunci pemulihan ekonomi.

"Saya optimis ekonomi akan bangkit dan tumbuh lebih maju lagi, tapi majunya bersama-sama. Kita ingin ekonomi tidak hanya maju tetapi juga merata. Kita ingin memajukan Indonesia ini dari daerah-daerah," kata putra Aburizal Bakrie ini.

Sekadar informasi, di tengah kabar Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani tak akan maju pada bursa pemilihan calon ketua umum Kadin, Anindya Bakrie mulai gencar melakukan safari memenangkan hati pengurus daerah maupun ketua umum asosiasi dan Himpunan Anggota Luar Biasa (ALB) Kadin Indonesia. Safari untuk menjadikan dirinya Ketua Umum Kadin 2021-2026.

Anindya Bakrie sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Pemberdayaan Daerah Kadin Indonesia di pengurusan Rosan Roeslani. Dia juga pernah menjabat Ketua Umum Kadin selama dua periode (1994-2004).

Anindya sendiri dalam laman Linkedin rutin memposting dukungan pengurus daerah, asosiasi maupun kepala daerah agar dirinya dapat dipercaya menjadi Ketua Umum Kadin Indonesia selanjutnya.

Postingan terakhir konglomerat kelahiran November 1974 itu adalah pertemuannya dengan para Ketua Umum Kadin se-Sumatera atau yang mewakili termasuk dengan Gubernur Kepulauan Riau.

"Di acara itu, teman-teman Kadin se-Sumatera juga menyatakan dukungannya pada saya untuk jadi Ketua Umum Kadin Indonesia. Terima kasih teman-teman Kadin se-Sumatera diskusi dan dukungannya. Saya akan jaga amanah besar ini dengan baik," tulis Anindya dalam laman Linkedinnya, dikutip Senin, 22 Maret.