Pemegang Saham BCA Restui Pengangkatan Dua Direksi Baru, Jahja Setiaatmadja Masih Tetap Dirut
Aktivitas layanan keuangan BCA. (Foto: BCA)

Bagikan:

JAKARTA - Pemegang saham PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) memberikan persetujuan pengangkatan direksi baru perseroan atas nama John Kosasih dan Frengky Chandra Kusuma yang menggantikan direksi sebelumnya, yakni Henry Koenaifi dan Erwan Yuris Ang.

Keputusan tersebut tertuang dalam hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan BCA yang digelar hari ini, Senin, 29 Maret.

“Pengangkatan John Kosasih dan Frengky Chandra Kusuma sebagai anggota direksi baru BCA tersebut untuk melengkapi kapabilitas manajemen dalam mengembangkan bisnis perseroan menghadapi dinamika bisnis di tengah kompetisi ketat di masa mendatang,” sebut siaran resmi BCA, Senin 29 Maret.

“Dalam RUPS Tahunan ini, BCA mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya serta mengucapkan terima kasih kepada Henry Koenaifi dan Erwan Yuris Ang atas pengabdian selama menjadi direktur perseroan pada periode sebelumnya,” tulis laporan tersebut.

Meski demikian, keduanya tidak lantas bisa langsung memulai aktivitasnya lantaran harus menunggu persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait dengan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

Jika dianggap memenuhi kriteria, maka dua pejabat tinggi BCA itu akan melakoni masa tugas hingga penetapan RUPS Tahunan pada 2026 mendatang.

“Memberikan kuasa kepada direksi perseroan untuk menentukan tanggal efektif pengangkatan tersebut setelah perseroan menerima persetujuan dari OJK,” sebut BCA.

Sebagai informasi, dalam RUPS Tahunan itu disetujui pula pembagian dividen sebesar Rp13,02 triliun atau 48 persen dari total laba bersih 2020 yang berjumlah Rp27,1 triliun.

Nilai dividen itu sudah termasuk termasuk dividen interim Rp98 persaham yang telah dibagikan pada 22 Desember 2020 lalu.

Lalu, dicapai juga kesepakatan soal atau honorarium, tunjangan, dan fasilitas untuk direksi dan komisaris periode 2021 serta tantiem untuk tahun buku 2020.

Dalam perjalanan tahun buku 2021, shareholders menunjuk Kantor Akuntan Publik Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan (firma anggota jaringan PwC Global) untuk mengaudit/memeriksa catatan serta laporan keuangan perseroan.

Berikut adalah susunan lengkap dewan komisaris dan direksi perseroan dengan masa jabatan setelah ditutupnya RUPS Tahunan 2020 sampai dengan ditutupnya RUPS Tahunan yang diselenggarakan pada tahun 2026.

Dewan Komisaris

Presiden Komisaris: Djohan Emir Setijoso

Komisaris: Tonny Kusnadi

Komisaris Independen: Cyrillus Harinowo

Komisaris Independen: Raden Pardede

Komisaris Independen: Sumantri Slamet

Direksi

Presiden Direktur: Jahja Setiaatmadja

Wakil Presiden Direktur: Armand Wahyudi Hartono

Direktur: Tan Ho Hien/Subur atau Subur Tan

Direktur: Rudy Susanto

Direktur: Santoso

Direktur: Linawati Suwono

Direktur: Vera Eve Lim

Direktur (merangkap Direktur Kepatuhan): Haryanto Tiara Budiman

Direktur: Gregory Hendra Lembong