Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,1 persen atau 0,73 poin ke 7.288,9 pada perdagangan kemarin, Senin 29 Juli. Lantas bagaimana dengan pergerakan IHSG hari ini, Selasa 30 Juli?

Phintraco Sekuritas dalam risetnya melihat IHSG ditutup flat ke level 7.288,9 pada perdagangan Senin. Secara teknikal, terdapat pelebaran negative slope pada indikator MACD yang mengindikasikan potensi pelemahan.

“Namun indikator Stochastic RSI sedang mengalami golden cross yang mengindikasikan potensi penguatan. Sehingga IHSG akan berpotensi konsolidasi pada rentang level 7.250-7.350 pada perdagangan hari Selasa (30/7),” jelas riset Phintraco Sekuritas.

Dari sisi global, pasar menantikan rilis data CB Consumer Confidence bulan Juli di Amerika pada Selasa yang diperkirakan turun ke level pesimis di 99,5 dari level 100,4 di Juni 2024. Data tersebut diyakini dapat memperkuat peluang pemangkasan suku bunga Federal Reserve di September 2024.

Selain itu, pasar juga menantikan rilis data pertumbuhan GDP Flash kuartal II di Euro Area dan Jerman yang dijadwalkan rilis pada Selasa ini.

"Pasar memperkirakan pertumbuhan GDP Flash di Euro Area dan Jerman menguat secara YoY namun melemah secara QoQ," ujarnya.

Dari sisi regional, pasar menantikan rilis data tingkat pengangguran bulan Juni di Jepang yang dijadwalkan rilis Selasa dengan diperkirakan stabil di angka 2,6 persen. Sementara dari sisi domestik, pasar masih mengantisipasi rilis kinerja keuangan sejumlah emiten pada kuartal II 2024.

Adapun saham-saham yang direkomendasikan Phintraco Sekuritas, di antaranya adalah AUTO, BFIN, SMRA, CTRA, dan PWON.