Bagikan:

YOGYAKARTA – Peluang usaha distributor telur ayam merupakan salah satu pilihan terbaik saat ini, sebab harganya mengalami fluktuasi positif. Di lain sisi, tingkat kebutuhan telur ayam juga terus mengalami peningkatan, khususnya sejak pandemi COVID-19 melanda. Tertarik mencoba lini bisnis ini? Yuk simak tips menjadi distributor telur ayam berikut.

Sebagai informasi, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), produksi telur ayam periode 2021-2023 mencapai 6, 12 juta ton. Sementara kebutuhan konsumsinya 5,88 juta ton.

Meurut data Badan Pangan Nasional (Bapanas) tingkat konsumsi telur ayam masyarakat Indonesia pada 2023 mencapai 6,69 kilogram per kapita dalam setahun.

Angka tersebut turun 5,5 persen ketimbang 2022 secara yoy (year-on-year), namun masih lebih tinggi ketimbang lima tahun lalu.

Tips Menjadi Distributor Telur Ayam

Dihimpun dari berbagai sumber, Selasa, 25 Juni 2024, ada bebera tips yang bisa Anda lakukan untuk menjadi agen atau distributor telur ayam.

Berikut ini adalah beberapa tips menjadi distributor telur ayam agar bisa berjalan dengan lancar.

1. Siapkan tempat untuk jualan

Usaha distributor telur ayam bisa Anda lakukan di rumah, tetapi jika ada modal lebij, Anda bisa mencoba menyewa tempat khusus untuk kegiatan bisnis.

Bila Anda memiliki tempat khusus untuk berjualan telur ayam, Anda bisa lebih leluasa dalam menyusun stok, menentukan posisi penjualan dan sebagainya tanpa perlu memikirkan keterbatan ruang dengan perabotan rumah tangga.

Tempat yang cocok dijadikan sebagai tempat bisnis adalah pasar atau ruko yang letaknya berdekatan dengan perumahan atau kawasan padat penduduk.

2. Tentukan jenis telur ayam yang akan dijual

Tips yang kedua yakni memilih jenis telur ayam yang akan dijual. Ada berbagai macam telur ayam di pasaran, antara lain:

  • Telur ayam negeri
  • Telur ayam kampung
  • Telur ayam organik
  • Telur omega 3
  • Dan lain sebagainya

Sebelum menentukan jenis telur, Anda perlu meriset jenis telur ayam paling banyak diminati target konsumen. Berikutnya, cari tahu bagaimana cara penyimpanan dan perawatan jenis telur ayam yang Anda pilih agar terjaga kualitasnya.

3. Pilih supplier telur ayam terpercaya

Dalam menjalakan bisnis distributor telur ayam, pastikan Anda memilih supplier telur ayam yang terpercaya dan operasional bisnisnya lancar.

Supplier telur yang baik adalah yang memasok telurnya dari kandang atau hewan ternaknya sendiri. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan telur ayam yang lebih terjangkau dan kualitasnya terjamin bagus.

Anda juga bisa mencari beberapa supplier telur lainnya, asalkan para penyuplai tersebut memiliki kualitas telur yang baik.

Memiliki lebih dari satu pemasok bisa meminimalisir kekurangan stok dari salah satu supplier telur.

4. Susun sistem penjualan

Selain memilih supplier yang terpercaya, Anda juga harus menentukan sistem penjualan telur ayam.

Terkait hal ini, Anda bisa memilih sistem eceran atau sistem partai. Dengan sistem partai, berarti Anda menjual telur dalam satu keranjang dan harga yang ditawarka adalah harga grosis.

5. Tetapkan harga jual telur

Tips menjadi distributor telur ayam yang terakhir adalah menetapkan harga jual telur. Agen telur ayam biasanya memiliki kisaran harga pasaran yang berbeda. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan strategi baru dengan memberikan harga lebih terjangkau dengan selisih harga seribu rupiah.

Perlu digarisbawahi, bila Anda menjual telur ayam dengan harga yang lebih terjangkau, Anda harus pandai mengatur keuntungan agar tidak mengalami kerugian.

Modal untuk Jadi Distributor Telur Ayam

Modal yang dibutuhkan untuk menjadi distributor telur ayam tidak besar, hanya dengan Rp500.000-Rp1.000.000-an saja, Anda sudah bisa menjadi agen telur.

Umumnya, harga telur yang dijual dalam satu peti berisi 10kg sekitar Rp340.000. sisa yang yang Anda miliki bisa untuk membeli timbangan dan kantung plastik.

Jika modal yang Anda miliki lebih banyak dari itu, Anda bisa bergabung untuk menjadi waralaba dari salah satu distributor telur besar yang harga jualnya bersaing dan cederung lebih stabil.

Demikian informasi tentang tips menjadi distributor telur ayam. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.